Yamaha motor memang selalu bisa diandalkan dalam memproduksi jajaran motornya yang berkualitas, mulai dari jenis motor Trail, Nake Bike, Matic, maupun motor sport. Tapinya, tak banyak masyarakat yang mengetahuinya jika pabrikan otomotif asal Jepang ini juga telah menghadirkan motor trail dalam jumlah yang cukup banyak. Namun bagi anda para pecinta motor jenis ini, tentunya sudah tahu dengan motor bernama Yamaha WR125X.

Motor ini drancang dengan bodi yang sederhana tapi terkesan mewah dan elegan. Di bagian bodinya pun, Yamaha membenaminya dengan striping dan logo khas Yamaha, yang di bagian belakangnya motor ini dibuat meruncing. Sementara pada bagian lampunya sendiri, motor ini dibenami dengan lampu berdimensi kecil dan didesain sederhana, namun mampu memberikan pencahayaan yang optimal.

Beralih ke urusan dimensinya, motor terbaru dari Yamaha ini memiliki ukuran panjang sebesar 2.905 mm, tinggi 1.165 mm, dan lebar sebesar 835 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya mencapai 1.430 mm dan bobotnya mencapai 137 kg.

Dengan dimensinya yang terbilang ideal, motor Yamaha WR125X sangat nyaman dan mudah ketika dikendarai, apalagi tempat duduknya hanya memiliki tinggi sebesar 875 mm saja. Sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan sendiri bagi setiap pengendaranya.

Kemudian di sektor dapur pacunya, Yamaha WR125X dipersenjatai dengan mesin berjenis liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves, Forward-inclined yang memiliki kapasitas 124.7 cc. Untu besar rasio kompresinya sendiri mencapai 11.2 : 1 dan ukuran diameter x langkahnya adalah 52.0 x 58.6 mm. Tak ketinggalan, Yamaha juga memperlengkapinya dengan teknologi Fuel Injection di bagian sistem pembakarannya, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dan dapat bekerja dengan maksimal.

Berbekal dengan penggunaan mesin tersebut, Yamaha WR125X mampu menyemburkan tenaga yang maksimal, yakni mencapai 11 kW (15PS) pada rotasi mesin 9.000 rpm. Sementara untuk torsi optimumnya sendiri sebesar 12.2 Nm (1.24 kg-m) pada rotasi mesin 8.000 rpm. Performanya juga semakin maksimal karena telah dibekali dengan kopling Wet, multiple-disc coil spring dan sistem tranmisi Constant Mesh 6 kecepatan sehingga mampu mempercepat perpindahan giginya.

Selanjutnya untuk bagian suspensi serta kaki-kakinya, Yamaha WR125X telah disenjatai dengan suspensi berjenis Telescopic forks di bagian depannya, sedangkan pada bagian belakangnya tersemat suspensi berjenis Swingarm, (link suspension), Monoshock, sehingga memberikan kenyamanan dan mampu meredam getarannya ketika dikendarai. Yamaha juga menjejalinya dengan rangka berjenis Steel Double Cradle yang begitu kokoh namun tetap ringan.

Lanjut ke sistem pengeremannya, Yamaha mempersenjatainya dengan Hydraulic Single disc berdiameter 298 mm di bagian depannya, sementara pada bagian belakangnya terbenam pengereman bertipe Hydraulic single disc yang memiliki ukuran diameter sebesar 220 mm.

Berkat hadirnya dua sistem pengereman tersebut, tentunya motor ini semakin diandalkan ketika melakukan pengereman, sehingga tak haran jika harga Yamaha WR125X ini dibanderol cukup mahal. Untuk penggunaan bannya, Yamaha membekalinya dengan ban berukuran 110/70-17 M/C 54H di bagian depannya dan ban berdimensi 140/70-17 M/C 66H pada bagian belakangnya.

Guna menjamin kepuasan para penggunanya dalam berkendara, Yamaha WR125X dirancang dengan teknologi yang mumpuni, seperti Ignition System TCI (digital) serta teknologi Fuell Injection di bagian mesinnya. Terbenam pula speedometer yang mengadopsi panel digital untuk menampilkan informasi terkait motor ini dengan sangat jelas, sehingga sangat cocok sekali motor ini digunakan bagi anda yang gemar berpetualang.