Kini, Yamaha tengah gencar dalam menciptakan sejumlah inovasi terbarunya dalam dunia otomotif, utamanya pada produk motornya. Nah baru-baru ini, pabrikan otomotif asal negeri sakura itu meluncurkan varian motor terbarunya di kelas Scooter matic dengan mengusung nama Yamaha Vino Classic.

Setara dengan harga Yamaha Vino Classic yang dibanderol sekitar 2,299 dollar ini, motor ini dirancang dengan beragam fitur yang berteknologi canggih dan mengesankan. Motor ini didesain dengan konsep yang klasik, tapinya tetap mengutamakan kesan elegan dan sporty.

Secara sekilas, motor ini miliki desain yang menyerupai Yamaha Vespa. Namun faktanya, kapasitas mesin yang dimiliki motor ini tergolong sangat rendah, yaitu hanya 49cc. Dari ukuran bodinya sendiri, motor ini memiliki ukuran panjang 65.6 inci, lebar 24.8 inci, dan tingginya 39,6 inci. Sementara untuk bobotnya, motor ini memiliki berat mencapai 179 lb.

Pada bagian depannya, Yamaha Vino Classic dibenami dengan fitur headlamp berbentuk bulat yang berkolaborasi dengan dua lampu sein pada sisi kanan dan kirinya sebagai lampu utama. Tak hanya itu, motor ini juga dibekali dengan satu pasang spion berbentuk bulat yang memiliki gagang cukup panjang. Terdapat juga pijakan kaki yang luas untuk memberikan kenyamanan bagi pengendaranya.

Di sektor dapur pacunya, Yamaha mempersenjatainya dengan mesin berkapasitas 49cc saja, sehingga kecepatannya tidak telalu maksimal. Kendati demikian, mesin yang digunakan pada motor ini bisa dibilang cukup tangguh. Pasalnya, motor ini mengadopsi mesin 4 tak, satu silinder yang disempurnakan dengan teknologi SOHC 3 Katup.

Lebih dari itu, Yamaha juga membenaminya dengan teknologi Fuel Injection yang berperan sebagai sistem bahan bakarnya. Berkat teknologi ini, performa yang dihasilkan tetap optimal walaupun miliki kecepatan yang rendah. Tidak hanya itu, konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih irit dan emisi yang dikeluarkan lebih bersih dibandingkan dengan jenis motor lainnya yang tidak mengandalkan teknologi tersebut.

Sementara pada sistem pengatur suhu mesinnya, Yamaha mengadopsi teknologi liquid-cooled yang berfungsi sebagai pendingin mesin dan mengadopsi transmisi berjenis V-Blet Automatic CVT. Terbenam pula fitur kenyamanan untuk memaksimalkan kenyamanan penggunanya ketika melintasi jalanan yang bergelombang.

Beralih ke bagian suspensinya, Yamaha menjejali motor ini dengan suspensi bertipe Telescopic Fork di bagian depannya yang memiliki ukuran 2.3 inci. Sementara pada bagian belakangnya, motor ini dibekali dengan suspensi bertipe Single Shock yang memiliki rear travel sebesar 2.1 inci.
Tidak hanya itu saja, Yamaha Vino Classic juga dibekali dengan 2 buah roda yang masing-masinnya mempunyai ban berdimensi 90/90-10. Tak ketinggalan, Yamaha juga membenaminya dengan sistem pengereman bertipe tromol yang memiliki ukuran sebesar 110mm.

Untuk menyempurnakan kepuasan para pengendaranya, Yamaha juga memperlengkapi motor ini dengan beragam fitur dan teknologi yang menjadikannya semakin keren dan canggih. Salah satunya adalah pada panel speedometernya yang sederhana serta dapat menginformasikan kepada para pengendaranya terkait informasi motor ini ketika dikendarai.

Dengan banderol Yamaha Vino Classic yang terbilang cukup mahal, sudah dapat dipastikan jika scooter matic terbaru ini juga disenjatai dengan sistem pengereman yang berkualitas baik pada bagian belakang, maupun bagian depannya.

Setara dengan harga dan performa mesinnya yang tinggi, motor ini juga mengadopsi sistem pengereman tromol yang dapat diandalkan untuk memaksimalkan pengeremannya ketika melakukan pengereman secara mendadak. Motor ini juga dibekali dengan tempat duduk yang empuk sehingga memberikan kenyamanan meski sedang berkendara dalam jarak yang cukup jauh.