yandex
Otomotif

Yamaha FZ-09, Motor Sport Yang Tawarkan Tenaga Super

Yamaha FZ-09 telah resmi dihadirkan di Indonesia, tepatnya pada penghelatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada 2015 lalu. Motor gede ini dirancang dengan mengusung konsep naked bike yang punya tampilan kuat serta mampu memberikan penggunanya sebuah pengalaman berkendara yang mengesankan.

Menariknya, Yamaha FZ-09 sendiri dirancang khusus oleh kelompok insinyur yang menggambarkan beragam aspek seperti kelincahan, kegaharan, dan karakter yang kuat. Motor ini juga punya bodi yang begitu kekar dan terkesan gahar agar mampu mengaspal di jalan dengan performa tinggi, apalagi ditambah dengan kaki-kakinya yang berdimensi jumbo.

Meski terkesan gahar, tampilan di bagian depannya sangat simpel, dengan tambahan lampu utama berdesain huruf V yang berdimensi kecil dan berpadu dengan lampu senja di kedua sisinya. Panel instrumen yang dimilikinya pun mempunyai bentuk kotak kecil di bagian tengah handle bar. Sementara untuk tangki bahan bakarnya, dirancang sesuai dengan posisi duduk pengendaranya dan mampu menampung sampai 14 liter.

Yamaha FZ-09 disenjatai dengan mesin yang kapasitasnya mencapai 850 cc, yang ditopang dengan rangka serta sasis berjenis Frame Diamond. Sedangkan untuk jok yang diusungnya, motor ini didesain dengan jok pengendara dan penumpangnya yang menyatu, kemudian di bagian ekornya tersemat spatbor yang memiliki desain menyerupai sayap belakang sportscar.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Yamaha FZ-09 disenjatai dengan mesin berjenis Liquid Cooled 4-stroke DOHC 4 valve in-line with 3 Cylinder, sehingga mampu menyemburkan tenaga optimal mencapai 84,6 kW (115Hp) PADA 10.000 rpm serta torsi optimum mencapai 87,5 Nm pada rotasi mesin 8.500 rpm. Lebih dari itu, motor ini juga dibenami dengan sistem trasmisi 6 tingkat percepatan yang mengusung teknolog chain drive.

Berkat torsinya yang besar, Yamaha FZ-09 mendapati julukan sebagai ‘Master of Torque’, apalagi didukung dengan sistem Motard Control sehingga mampu menjadikan pengalaman berkendara para penggunanya semakin lebih mengesankan. Yamaha juga membekali motor tersebut dengan beragam terknologi anyar yang lebih canggih diantaranya FS (Fracture Split) Connecting Rod, Unequal Intake Funnel, dan juga YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle).

Untuk dimesinnya sendiri, motor ini dirancang dengan dimensi panjang 2.075 mm, tinggi 1.135 mm, lebar 815 mm, dan memiliki jarak 815 mm antara jok dengan tanah. Di bagian roda depannya, motor ini dibenami dengan suspensi Telecopic Forks berdimensi jumbo dan suspensi swingarm (link suspension) di bagian belakangnya.

Ban depan yang dimiliki Yamaha FZ-09 ini mempunyai ukuran 120/70ZR17M/C (58W) sementara bagian belakangnya berdimensi 180/55ZR17M/C (73W). Kedua ban yang diusung motor ini menggunakan tipe tubeless yang ditunjang dengan sistem pengereman Dual Hydraulic Disc Brake yang memiliki diameter 298 mm pada roda depannya, sedangkan untuk roda belakangnya tersemat Hydraulic Disc Brake yang diameternya sebesar 145 mm.

Yamaha FZ-09 menawarkan performa berkendara terbaik dengan memperhatikan kenyamanan serta kestabilannya ketika dikendarai oleh penggunanya. Pasalnya, motor ini telah dibekali dengan sistem pengendali yang ringan dan juga lincah, tapi tetap mampu menyemburkan tenaga yang optimal sehingga sangat cocok untuk dipakai berkendara setiap harinya.

Motor sport ini sengaja didatangkan langsung oleh PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dalam 3 varian warna, yakni Race Blue, Blazing Orange, serta Matt Grey. Mohammad Masykur, selaku Assisten General Manager Marketing YIMM menyebutkan bahwa harga Yamaha FZ-09 dilego senilai Rp 250 jutaan. Akan tetapi, harga ini bisa berubah di lain waktu lantaran adanya pengaruh dari naik turunnya nilai tukar rupiah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button