Yahoo! Tutup Kantor, 350 Pegawai di China di PHK
Kantor Yahoo di China Tutup

DUAKALI.COM, China – Sebanyak 350 Pegawai Yahoo! di China terpaksa harus dipulangkan demi usaha konsolidasi global untuk penghematan. Hal ini dikarenakan bahwa semakin banyak pengguna internet menggunakan media handphone untuk mengakses internet, sehingga tidak banyak pemasukan iklan.

Seorang juru bicara yahoo mengatakan bahwa ada sekitar 350 pekerja yang akan dihapuskan di China, pusat penelitian Beijing adalah satu-satunya kehadiran fisik Yahoo di negara itu setelah menjual operasinya di Cina kepada Alibaba pada tahun 2005.

“Kami selalu melakukan perubahan sumber daya untuk memperbaiki kerja sama dan inovasi dalam bisnis kami,” kata Yahoo seperti dilansir dari BBC.

Perusahaan ini berjuang untuk mempertahankan pertumbuhan keuntungan sementara menghadapi persaingan dengan portal pencari online lain seperti Google.

Perusahaan yang bermarkas di California, Sunnyvale, ini juga berusaha menyesuaikan diri dengan konsumen yang semakin banyak menggunakan telepon genggam, yang memberikan lebih sedikit pemasukan iklan.

Akibatnya, pimpinan Yahoo Marissa Mayer melakukan sejumlah akuisisi untuk melakukan diversifikasi bisnis dan menambah pemasukan baru.

Permulaan tahun ini, Yahoo juga mengumumkan sejumlah rencana terkait saham di Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar Cina, yang nilainya mencapai lebih US$30 miliar.

Perusahaan raksasa ini juga memiliki saham menguntungkan di Yahoo Japan.