Setelah sukses meluncurkan Xiaomi Redmi 1s dengan penjualan yang fantastis, menjadikan Xiaomi ingin kembali mengulang kesuksesannya dengan merilis Xiaomi Redmi Note 3 yang dirancang dengan desain dan beragam fitur yang canggih. Berbekal processor Helio X10, Xiaomi Note 3 didesain dengan bodi berbalut metal dan dibekali sensor fingerprint di sisi belakangnya.

Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan dimensi berat 164 gram serta ketebalan 8.7 mm dengan desain belakang yang melengkung sehingga menjadikannya lebih nyaman ketika dipegang maupun saat dioperasikan. Tak hanya itu, sensor fingerprint yang disemati di bagian belakang ponsel ini juga membuat penggunanya tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengaksesnya menggunakan sistem sidik jari yang dimiliki perangkat ini.

Seperti yang kita kethui, Redmi Note 3 merupakan ponsel Xiaomi pertama yang disenjatai teknologi fingerprint sensor. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri agar dapat bersaing dengan sejumlah pesaingnya seperti Meizu Metal dan OnePlus X yang juga dibekali dengan teknologi sama.

Meski demikian, layar yang dimiliki pada ponsel ini diklaim lebih unggul dari pesaingnya berkat disenjatai dengan layar IPS berteknologi Full Lamination yang mempunyai resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang mampu menghasilkan kerapatan layar hingga401 ppi. Tak hanya itu, dibenami juga teknologi sunlight display layaknya yang dimiliki Xiaomi Mi4C.

Meski harganya tergolong murah, tapi ponsel ini dibalut dengan lapisan anti gores untuk menjamin layarnya tidak mudah tergores akibat gesekan maupun benturan. Sedangkan di sektor pacunya, Xiaomi Redmi Note 3 mengusung chipset Mediatek Helio X10 dengan dukungan 8 inti processor berteknologi 64 Bit serta pengolah grafis GPU PowerVR G6200 yang menjadikan performanya semakin cepat dan mulus ketika menjalankan sejumlah aplikasi.

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 3 juga disenjatai dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1 dengan mengandalkan tampilan antarmuka MIUI 7. Di sektor penyimpanannya, ponsel pintar ini dibenami dengan RAM 2GB/3GB dan memori internal 16GB/32 yang juga dilengkapi dengan slot microSD untuk memperluas kapasitas penyimpananya hingga 128GB.

Xiaomi Redmi Note terbaru ini hadir dengan ditenagai baterai Non-removable Li-Po berkapasitas 4000 mAh dengan dibenami fitur fast charging yang mempermudah para penggunanya dalam pengisian dayanya.

Meski harga Xiaomi Note 3 ini banderolnya tidak melebihi angka 3 juta, namun tak menjadikan kualitas kamera yang dimiliki tidak bagus. Ponsel pintar ini disenjatai dengan kamera berkekuatan 13 MP yang didukung oleh teknologi phase detection autofocus yang handal dalam membidik objek dengan fokus hanya dalam waktu 0.1 detik saja.

Lebih dari itu, terdapat juga fitur Dual Tone LED flash yang mampu mengoptimalkan pencahayaannya ketika mengambil gambar di tempat yang kurang cahaya. Sementara untuk kemampuan merekam videonya, perangkat ini menawarkan resolusi Full HD 1080@30 fps dan video slow motion dengan resolusi HD 720p@120fps.

Rekaman video yang dihasilkan pada kamera Xiaomi Redmi Note 3 sangat jernih berkat penggunaan aperture F/2.2. Sedangkan untuk kamera depannya, tersedia lensa berkekuatan 5 MP yang mempunyai fitur aperture f/2.0 dan wide angle seluas 85 derajat, sehinga sangat pas saat digunakan untuk foto selfie. Menariknya, kamera depan smartphone ini dapat digunakan juga untuk merekam video Full HD 1080p yang dilengkapi dengan fitur Beautify, sehingga membuat hasil fotonya semakin terlihat jernih .