Sennheiser kembali meluncurkan headphone audio kelas high-end di Indonesia. Kali ini, perusahaan audio terkenal asal Jerman tersebut merilis perangkat bernama HD800S. Headphone itu sudah mulai dijual di pasaran dalam negeri. Banderol harganya cukup tinggi, yakni Rp 27 juta.

Walau miliki label harga setinggi itu, Sennheiser mengaku tidak gentar untuk memasarkannya di Indonesia. Pihak tersebut yakin bahwa masih ada yang mau merogoh saku dalam-dalam demi mendapat perangkat yang diklaim memiliki audio kelas premium ini.

HD800S sendiri miliki ukuran besar dengan bantalan yang menyentuh kepala pengguna, memutari daun telinga sehingga nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Uniknya, bahan bantalan tersebut umumnya digunakan untuk interior pada mobil mewah.

Produk ini juga dijual dengan sebuah kabel balanced susulan seharga Rp 700.000. Kabel tersebut diklaim dapat mengurangi bising dan memperkuat detail musik yang diperdengarkan.

HD630VB, headphone Rp 8 jutaan

Merasa HD800S terlalu mahal? Sennheiser masih punya satu headphone premium lagi dengan banderol yang lebih rendah. Dalam perhelatan Sennheiser Sound Forum di Jakarta, pada hari Rabu kemarin, ikut hadir headphone tipe HD630VB. Produk yang satu ini masuk ke kisaran harga Rp 8,3 juta untuk satu unit.

“Kami mengutamakan diri pada produk premium yang harus diakui tidak murah harganya. Untuk menghasilkan kualitas seperti seperti seri sebelumnya yakni HD 800 saja butuh waktu 10 tahun,” kata Ng Chee Soon, Presiden dan Direktur Pasar Asia untuk Sennheiser.

Dengan penghampiran tersebut, lanjutnya, Sennheiser tetap dipercaya sebagai merek produk audio yang mengedepankan kualitas oleh para pengguna, termasuk di Indonesia. Dari sisi angka penjualan, Soon memang mengakui masih didominasi kelas pemula dan menengah mulai harga Rp 100.000 hingga Rp 1 juta.

Ada dua jenis

Untuk memberikan pengertian mengenai kualitas audio yang bisa dinikmati penggemar headphone, Sennheiser juga mengadakan semacam sosialisasi mengenai jenis perangkat dengan peruntukannya masing-masing. Misalnya, headphone jenis tertutup yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik lebih detail tanpa gangguan dari kebisingan suara sekitar karena diisolasi bahan tertutup.

Penyuara kuping jenis itu, penggunaannya cocok disaat mendengarkan musik dansa elektronik (EDM) atau musik rock karena isolasi tersebut membuat suara bass terdengar lebih menjendul dan hentakannya lebih terasa.

Jenis lainnya ialah headphone terbuka. Bagian telinga headphone ini menggunakan bahan tipis sehingga suara dari luar tetap ikut terdengar. Lantaran bahannya yang tipis, orang di sekeliling pengguna bisa ikut mendengar musik yang sedang disuarakan penyuara kuping. Tapinya, hal tersebut membuat pengguna bisa mendengarkan musik dengan ambience lebih luas seolah dia berada di panggung tempat musik diperdengarkan.

Headphone terbuka cocok digunakan tuk mendengarkan musik live. Dengan bahannya yang tipis juga membuat udara tetap bisa keluar sehingga headphone tetap bisa nyaman digunakan dalam waktu panjang. HD800S yang baru dirilis di Indonesia masuk ke kategori headphoneter buka.