yandex
Kesehatan

Wow, 8 Makanan Ini Tokcer Untuk Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh mampu memicu seseorang mengidap penyakit jantung. Ketika kolesterol tinggi, apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Mengasup obat penurun kolesterol saja tentu tidaklah cukup, apalagi jika anda mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi.

Pada dasarnya, salah satu pemicu utama dari meningkatnya kolesterol di dalam tubuh ialah pola makan yang tidak sehat, seperti terlalu berlebih dalam mengasup kudapan yang kadar lemak jenuhnya tinggi. Hal inilah yang akan menyebabkan proses kerja hati dalam menghasilkan kolesterol lebih banyak. Dibawah ini adalah beberapa cara alami yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

1. Makanan berprotein

Untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya anda mengasup makanan yang kaya akan protein daripada makanan berlemak. Pada dasarnya, makanan berprotein akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Apabila ingin mengasup daging, upayakan untuk memilih daging tanpa lemak, seperti dada ayam ataupun ikan.

2. Gandum

Salah satu makanan penurun kolesterol yang paling baik adalah gandum. Mengasup gandum sebagai menu sarapan akan mampu membantu tubuh menurunkan kolesterol. Pasalnya, gandum kaya akan kandungan serat yang disebut glukan yang berperan sebagai penurun kolesterol.

3. Kayu manis

Berdasarkan sejumlah penelitian, mengasup kayu manis merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Untuk penggunaannya sangat mudah, anda hanya perlu menambahkan kayu manis ke dalam minuman hangat anda seperti kopi ataupun teh.

4. Beras merah

Didalamnya, beras merah mengandung vitamin B, magnesium, fitinutrien, dan selenium yang tinggi. Mengasup beras merah untuk mengganti nasi putih sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Tak hanya itu, kandungan serat yang dimiliki beras merah juga ampuh untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh.

5. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang berperan krusial untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini, anda dianjurkan untuk mengasup sup bayam maupun segelas jus bayam setiap harinya. Tidak hanya kolesterol, bayam juga menjadi bahan alami yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Ikan Salmon

Salmon dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Tidak hanya itu, mengasup ikan salmon juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung EPA dan DHA. Dalam pengolahannya, anda dianjurkan untuk tidak memasaknya menggunakan ikan, lebih baik di oven atau dibakar.

7. Alpukat

Didalamnya, alpukat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi. Perlu anda ketahui bahwa jenis lemak ini mampu meningkatkan HDL dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Jenis buah yang satu ini juga mengandung beta-sitosterol yang ampuh menekan kadar kolesterol yang diserap dari makanan yang diasup setiap harinya. Alpukat bisa anda olah dalam bentuk jus ataupun dimakan langsung.

8. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah sehat yang kaya akan kandungan zat beta-glucan. Di dalam tubuh, senyawa ini berperan aktif untuk mengontrol produksi kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, mengasup buah apel juga mampu melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke. Jenis buah yang satu ini bisa diolah sebagai cuka apel yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin pengidap diabetes. Dengan demikian, anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mendongkrak kolesterol baik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button