Windows 10 menjadi sistem aplikasi berjaya yang diluncurkan oleh Microsoft. Disaat sekarang ini jumlah konsumen komputer yang mengambilnya sudah lebih dari 270 juta orang.

Raksasa software tersebut merilis Windows 10 pada Juli 2015. Tak perlu hitungan tahun, sistem operasi baru itu sudah berhasil melangkahi tingkat adopsi Windows 7 hingga 145%.

Chief Executive Officer Microsoft, Satya Nadella mengutarakan kalau Windows 10 merupakan sistem aplikasi dengan peningkatan tercepat.

Sementara itu Vice President Windows and Device Group Terry Myerson telah menyatakan bahwa Windows 10 sudah digunakan konsumen selama lebih dari 75 miliar jam. Tingkat penerimaan orang terhadap Windows 10 memang tinggi karena berbagai reaksi positif penggunanya.

Sistem aplikasi tersebut gratis tuk konsumen Windows 7 dan 8. Lainnya itu, ketentuan Microsoft mengembalikan tombol Start juga turut berimbas. Raksasa piranti lunak ini memang pernah menghilangkan tombol tersebut disaat meluncurkan Windows 8, tapinya berubah pikiran tak lama kemudian.

Jikalau dilihat secara alur, pada hari pertama merilis Windows 10 sudah ada 14 juta orang yang memakainya. Satu bulan seusainya, pengguna meningkat hingga 75 juta orang. Selanjutnya, pada awal Oktober tahun lalu, pengguna komputer yang memasang Windows 10 mencapai 110 juta orang. Awal Januari 2016 meningkat lagi hingga sampai 200 juta orang. Jumlah pengambilan ini diprediksi akan mulai menurun selepas Juli mendatang. Pasalnya selepas bulan tersebut, Microsoft berhenti memberikan upgrade gratis.