Kesehatan kulit merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap orang, utamanya untuk kaum hawa. Sejatinya, kulit cantik dan sehat akan menjadikan anda lebih pede, tapinya untuk mendapatkan hal itu tidaklah mudah. Anda harus melakukan perawatan dan menutrisi kulit agar tetap terlihat sehat dan cantik.

Memang, perawatan kulit memang menjadi hal yang krusial untuk anda lakukan guna memperoleh kulit yang sehat dan cantik tentunya. Tapinya, anda juga perlu memperhatikan pola hidup dan kebiasaaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit anda. Karena, dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari anda bisa saja melakukan berbagai kebiasaan buruk yang membahayakan kulit anda.

Oleh karena itu, sangat krusial bagi anda untuk mengelakan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa mengancam kesehatan kulit anda. ingin tahu apa saja kebiasaan yang perlu dihindarkan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sering minum kopi

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang kaya akan manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tapinya, terlalu sering meminum kopi juga bisa memicu beragam masalah pada tubuh, utamanya pada kulit. Apabila kopi diminum terlalu sering, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga membuat kulit menjadi cepat keriput dan kering. Untuk itu, demi menghindari hal itu upayakan untuk tidak terlalu sering dan berlebihan minum kopi. Hal yang sama juga berlaku untuk minuman beralkohol dan bersoda.

2. Tidak membersihkan kulit sebelum tidur

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajah adalah tidak mencuci muka sebelum tidur malam. Terkadang, rasa malas, lelah, atau ngantuk inilah yang terkadang menjadikan kita merasa segan untuk membersihkannya. Padahal kebiasaan tersebut bisa berimbas buruk bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Setiap harinya, tentu kita diperhadapkan dengan debu, kotoran, bahkan polusi. Apabila tidak segera dibersihkan, maka kulit akan menjadi rusak dan menyendat pada pori-pori kulit sehingga akan memicu timbulnya beragam masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk membersihkan wajah sebelum anda tidur.

3. Mengkonsumsi junk food dan makanan berlemak

Mengasup junk food dan makanan berlemak, seperti gorengan, burger, daging memang sangat nikmat sehingga menjadikan kita ingin mengkonsumsinya terus menerus. Tapinya, jenis makanan ini tidak mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, tapi hanya tinggi akan kandungan kalori dan garam, sehingga akan berdampak buruk untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Jenis makanan yang satu ini akan mengancam kesehatan dan menimbulkan beragam jenis penyakit berbahaya, seperti kanker, jantung, obesitas, hipertensi, dan diabetes. Sementara untuk kecantikan, mengasup junk food dan makanan berlemak menjadikan kulit anda berminyak dan kusam, sehingga menimbulkan beragam masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan lain sebagainya.

4. Tidak menggunakan tabir surya

Perlu anda ketahui, paparan sinar matahari di siang hari bisa memicu kerusakan kulit dan memicu beragam masalah kulit lainnya seperti kulit kusam, keriput, kulit gelap, hingga kanker kulit. Sejatinya, sinar UV yang dipaparkan dari sinar matahari akan melenyapkan sel kulit sehingga menjadikan kulit anda berwarna gelap. Oleh karena itu, anda disarankan untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan, utamanya pada siang hari.

5. Tidak membersihkan tubuh setelah berenang

Setelah anda berenang, sangat penting bagi anda untuk membilas tubuh dan rambut sampai bersih. Perlu anda ketahui, air kolam renang terkandung klorin yang bisa memicu kerusakan kulit serta rambut anda. Oleh karena itu, upayakan selalu membersihkan tubuh usai anda berenang agar kecantikan dan kesehatan kulit anda tetap terjaga.