yandex
Kesehatan

Waspadai Kebiasaan Buruk Ini Tuk Peroleh Kesehatan Mata Yang Optimal

Mata merupakan organ tubuh yang sangat krusial bagi setiap orang. Pasalnya, tanpa penglihatan yang baik, maka kegiatan sehari-hari yang kita lakukan akan terganggu. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika banyak orang yang tidak meluputkan perawatan mata secara rutin untuk mendapatkan mata yang sehat dan berfungsi dengan baik.

Tapinya, banyak yang tidak menyadari dan sering melakukan percobaan dalam perawatan mata yang bisa membahayakan kesehatan mata. Salah satunya adalah kebiasaan-kebisaan buruk yang dilakukan dalam rutinitas setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak mata.

1. Menggunakan kontak lens ketika tidur

Seperti yang telah kita ketahui, kontak lens biasanya digunakan oleh mereka yang mengalami gangguan mata minus. Kendati kontak lens mempunya kegunaan yang sama dengan kacamata, tapinya kontak lens harus dipergunakan dengan cara dan waktu yang tepat.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Ophthalmology, disebutkan bahwa orang-orang yang menggunakan kontak lens semalaman memiliki resiko ulkus kornea yang lebih besar, yakni hingga 10-15 kali, apabila dibandingkan dengan mereka yang menggunakannya hanya pada siang hari saja.

Untuk itu, walaupun anda sudah merasa sangat ngantuk dan ingin segera tidur, upayakan untuk selalu melepaskan dulu kontak lens yang digunakan. Pasalnya, apabila penggunaannya dilakukan ketika tidur, maka kornea pada mata anda tidak akan menerima asupan oksigen yang dibutuhkan, sehingga dapat mengakibatkan infeksi serta pertumbuhan bakteri jahat pada mata.

2. Mengucek mata

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat mengancam kesehatan mata adalah mengucek mata. Memang, ketika mata terasa gatal, cara yang sering kita lakukan untuk melenyapkannya adalah dengan menguceknya. Tapinya, perlu anda ketahui bahwa mengucek mata terlalu sering dan berlebihan akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi pecah serta meningkatkan terjadinya peradangan.

Karena itu, ketika mata anda sedang terasa gatal, sebaiknya anda tutup mata saja dan sentuh di bagian luar mata saja. Pasalnya, ketika anda mengucek mata, belum tentu tangan anda dalam kondisi yang bersih. Di dalamnya, mata memiliki selaput lendir yang menjadi tempat terkumpulnya kuman serta kotoran, sehingga apabila anda mengucek mata menggunakan tangan yang dalam kondisi kotor, maka akan meningkatkan resiko masuknya kuman dalam mata anda dan dapat membahayakan kesehatan mata.

3. Terlalu lama menatap layar komputer maupun Smartphone

Kesehatan mata juga dapat terancam apabila anda miliki kebiasaan menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama. Kebiasaan buruk tersebut bisa menyebabkan terjadinya ketegangan pada mata anda serta mengakibatkan sakit kepala, karena mata anda terlalu fokus pada satu titik saja.

Karenanya, upayakan untuk selalu merealisasikan aturan 20-20 sebagai salah satu menjaga kesehatan mata, yakni 20 menit menatap layar perangkat elektronik dan 20 detik melihat kejauhan supaya mata anda tidak fokus di satu titik saja.

4. Menggunakan obat tetes mata

Ketika mengalami mata merah, biasanya anda akan membeli obat mata di apotek untuk menghilangkan gangguan mata tersebut. Tapinya, perlu anda ketahui bahwa obat mata tersebut miliki kandungan vasokostriktor, senyawa yang bisa memperkecil pembuluh darah, sehingga mata yang memerah dapat teratasi dengan baik.

Tidak hanya itu saja, obat mata juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang bisa menimbulkan masalah lainnya pada mata dalam jangka waktu yang panjang. Karenanya, apabila anda mengalami mata yang memerah, upayakan untuk mengkonsultasikan masalah tersebut kepada dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat bagi kesehatan mata anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button