Memang, jajan di luar sangat nikmat dan juga lebih praktis, akan tetapi tentunya kita tak akan pernah tahu pengolahannya. Apakah jajanan yang diasup layak atau tidak untuk dikonsumsi atau punya nilai gizi yang baik untuk kesehatan tubuh ?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari University of Alabama di Amerika serikat membuktikan bahwa kebanyakan mengasup jajanan dari luar mampu memicu beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Berlainan dengan kudapan yang kita buat sendiri di rumah yang tentunya kita tahu apa saja bahan-bahan yang digunakan. Bahkan tentunya kita tidak mungkin menambahkan bahan berbahaya untuk diasup oleh keluarga kita sendiri kan?

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa mengasup makanan di tempat makan ataupun di restoran sejatinya makanan tersebut mengandung minyak, asam lemak jenuh, dan kalori, jika dibandingkan dengan kudapan yang diolah sendiri di rumah.

Di Indonesia, ada sebagian kalangan masyarakat yang memiliki kebiasaan mengasup jajanan dari luar, bahkan hal itu dilakukannya setiap hari. Misalnya saja di kalangan anak-anak kos, para pekerja, maupun di kalangan keluarga biasa yang tak sempat untuk memasak.

“Apabila anda mengasup makanan dari luar rumah tapi tidak memperhatikan makanan yang sehat untuk tubuh, anda akan dihadapkan dengan sindrom metabolik yang mampu memicu resiko penyakit kolesterol, jantung dan juga diabetes,” ungkap seorang perawat di UAB Heart and Vascular Clinic di Acton Road, Jody Gilchrist.

Untuk itu, mulai dari sekarang anda disarankan untuk tidak mengasup jajanan dari luar dengan jumlah yang berlebih. Ada baiknya anda perbanyak konsumsi sayur, buah dan makanan sehat lainnya demi menunjang kesehatan tubuh anda.