Bagi anda yang memiliki kebiasaan nonton konser sambil mengasup kopi, mulai saat ini anda harus waspada. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa waktu yang tepat untuk meminum kopi adalah sebelum atau sesudah menonton konser.

Sejumlah ilmuwan yang melakukan studi di Laboratorium McGill University Auditory sudah melakukan penelitian bahwa zat tertentu yang terkandung di dalam kopi mampu berimbas buruk pada kemampuan telinga bagi mereka yang mengasup kopi sambil menyaksikan konser musik, utamanya dengan beat yang cepat selama satu sampai 2 jam penuh.

Dalam studi tersebut, peneliti melakukannya kepada sekelompok wanita yang diminta mengasup kopi dengan takaran kafein sebesar 25 mg/kg selama 2 minggu, sementara setengahnya dari mereka menyaksikan konser tanpa minum kopi.

Satu hari setelahnya, kedua kelompok wanita tersebut menunjukkan adanya gangguan pendengaran yang serupa. Akan tetapi, setelah 8 hari, mereka yang tidak mengasup kopi saat nonton konser music bisa pulih dalam kondisi semula. Berlainan dengan mereka yang meminum kopi, pendengarannya masih terganggu.

“Berdasarkan penelitian yang kami lakukan dapat disimpulkan bahwa paparan rangsangan pendengaran yang keras ditambah dengan mengasup kopi yang takaran kafeinnya 25 mg/kg mempunya imbas negatif, utamanya pada pemulihan masalah pendengaran seseorang,” ujar Faisal Zawawi.

Tidak hanya dalam konser musik, mereka yang setiap harinya bekerja di kawasan perindustrian seperti penerbangan, kontruksi, maupun pertambangan, sebaiknya hindari mengasup kopi di saat berada di kawasan yang bising. Pasalnya, mereka juga lebih beresiko untuk mengalami gangguan telinga tanpa mereka sadari.