yandex
Kesehatan

Waspada! Inilah 4 Dampak Negatif Kebiasaan Meminum Air Es

Mengasup air es memang terasa sangat menyegarkan apalagi jika cuaca di luar sedang terik. Meski demikian, dibalik kenikmatannya, ternyata ada beberapa imbas buruk yang bisa diderita apabila memiliki kebiasaan meminum air es.

Jika anda yang memiliki kebiasaan mengasup air es setiap hari, sebaiknya mulai saat ini belajar untuk merubahnya. Dibawah ini adalah beberapa dampak negatif bila anda terlalu sering minum air es.

1. Kehilangan banyak tenaga

Setelah mengasup air es, suhu tubuh akan menurun sehingga membuat tubuh harus bekerja lebih keras untuk kembali meningkatkan suhu tubuh normal manusia menjadi 37 derajat celcius. Enrgi dan nutrisi yang seharusnya digunakan untuk memperbaiki sistem kerja tubuh malah terbuang sia-sia hanya untuk menormalkan kembali suhu sistem cerna di dalam tubuh. Selain itu, nutrisi makanan juga akan sulit dicerna apabila setelah makan anda meminum air es.

2. Mengganggu kesehatan pencernaan

Pada dasarnya, suhu air es saat kita meminumnya sangat rendah. Hal ini akan menajdikan sistem cerna kita terhambat yang dipicu oleh menyempitnya pembuluh darah. Guna menormalkannya kembali, maka ia harus bekerja lebih keras lagi untuk meningkatkan temperature pencernaan, sehingga akan membutuhkan waktu dan nutrisi yang lebih banyak.

3. Berpengaruh pada detak jantung

Sebuah studi menyebutkan bahwa saat anda mengasup air es, maka akan mempengaruhi saraf vagus. Saraf vagus merupakan saraf yang berperan untuk mengontrol seluruh kegiatan otot tidak sadar di dalam tubuh, seperti yang berperan di dalam jantung. Hal ini berimbas pada detak jantung yang berdetak secara perlahan.

4. Radang Tenggorokan

Mengasup air es membuat tenggorokan anda akan mengeluarkan lebih banyak lender. Tentunya, hal itu membuat anda tidak nyaman, lantaran saluran tenggorokan menjadi lebih rentan menderita radang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button