Pembuat otomotif Volvo internasional mengadakan rangkaian acara Volvo International Service and Training Award (VISTA) 2016. Ajang kompetisi mekanik truk Volvo sedunia ini sudah masuk ke tahap semifinal yang di wilayah Asia Pasifik diadakan di Bangkok, Thailand, pada hari Kamis kemarin.

Pihak pelaksana, termasuk dari Indonesia, kepingin agar melalui acara ini para mekanik yang ikut berkompetisi dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya soal mesin truk Volvo sehingga nantinya berpengaruh secara positif dalam hasil pekerjaannya sehari-hari.

“Kami inginkan lewat kompetisi ini para mekanik Volvo bisa tambah semangat bekerja, mencapai hasil yang lebih baik, dan akhirnya berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen,” ucap Vanda Kusumaningrum, Communications Manager Volvo Trucks Indonesia, di Bangkok, Thailand, pada hari Rabu kemarin.

Vanda meneruskan bahwa sampai tahun 2016 pihak Volvo Indonesia sudah empat kali mengikuti kompetisi yang diadakan setiap dua tahun sekali ini. Dari keempat kali partisipasi itu, mekanik Indonesia selalu bisa lolos sampai ke babak final tingkat dunia.

“Ini mengunjukan bahwa mekanik Volvo Indonesia tak kalah hebatnya dengan mekanik dari luar negeri. Malahan ada mekanik yang sudah ikut ajang ini lebih dari satu kali karena hal itu diperbolehkan oleh panitia penyelenggara,” imbuh Vanda.

Semenjak babak eleminasi pada bulan September lalu, kompetisi ini disertai oleh lebih kurang 18.000 peserta dari seluruh dunia yang berasal dari 93 negara. Sebanyak 4.000 peserta di antaranya berasal dari wilayah Asia Pasifik, dan terdapat 32 tim yang lolos ke babak semifinal di Thailand ini. Dari Indonesia, ada empat tim yang masih ikut berkompetisi, yaitu tim Bacan Doco, Red Borneo, Sojol, dan Alumunium.

Mengenai semifinal di negeri lain ditampilkan di Brussels, Curitiba, dan Greensboro. Kelaknya akan terpilih 6 tim yang masuk ke tahap final dunia yang akan dilaksanakan di Gothenberg, Swedia, pada bulan Mei mendatang.