Sudah sejak lama, Volvo dikenal ahli dalam menciptakan sistem keselamatan untuk mobil. Bahkan nama produsen asal Swedia itu seringkali disebut-sebut sebagai kembaran Mercedes-Benz terkait inovasi keamanan penumpang.

Pada awal bulan Juni lalu, Volvo merayakan ulang tahun salah satu produk mobil yang diproduksi pertama kali sejak 25 tahun lalu, yaitu seri 850. Berlainan dengan sebagian besar mobil di zaman tersebut, Volvo dengan sengaja mendesain mobilnya berbentuk kotak. Walaupun begitu, Volvo 850 sudah dilakukan banyak modifikasi, mulai dari fitur keselamatannya sampai posisi mesinnya.

Sejatinya, Volvo 850 merupakan mobil pertama yang diproduksi pabrikan asal Swedia itu merancangnya dengan posisi melintang, yakni dari kiri ke kanan. Desain ini diusungnya lantaran Volvo merealisasikan penggerak depan pada mobil tersebut.

Tak seperti sebagian besar mobil lainnya yang diproduksi pabrikan lainnya, Volvo 850 disenjatai dengan mesin lima silinder. Sementara untuk elemen perlindungan penumpangnya, Volvo menyematkan dua fitur anyar, yakni intergrated Side Impact Protection System (SIPS) dan kantung udara (airbag) di bagian samping.

Untuk fitur integrated Side Impact Protection System ini berfungsi untuk melindungi para penumpangnya ketika terjadi tabrakan dari bagian samping mobil. Untuk fitur kantung udaranya, Volvo 850 menjadi mobil pertama yang mengenakan fitur tersebut.

Laku terjual sebanyak 1,3 juta unit, 850 versi station wagon juga sempat dimanfaatkan sebagai mobil balap di acara British Touring Car Championship (BTCC). Mobil ini adalah kendaraan yang pertama kalinya digunakan untuk balap.