VMWare Gandeng Jasa Raharja Tingkatkan Layanan Asuransi

VMware mengumumkan dukungannya kepada PT Jasa Raharja, perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang asuransi, melalui implementasi serangkaian solusi yang meliputi VMware vSphere, VMware Site Recovery Manager (SRM) Enterprise dan VMware vCenter Operations Manager (vCOPS).

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, PT Jasa Raharja memiliki peranan penting untuk turut mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia melalui layanan yang menjamin perlindungan bagi setiap penumpang kendaraan.

Hal ini tentunya menuntut dilakukannya pemrosesan berbagai macam formulir dalam jumlah yang sangat besar, mengingat bahwa setiap nasabah yang hendak mengajukan klaim perlu melampirkan dokumen-dokumen pendukung, seperti surat keterangan resmi dari pihak kepolisian, surat keterangan kesehatan dan lain sebagainya.

Meningkatnya beban kerja yang harus ditopang menimbulkan tantangan tersendiri bagi PT Jasa Raharja, ditambah lagi belum memadainya infrastruktur TI yang mampu menunjang mereka dalam menuntaskan seluruh proses pengklaiman asuransi dalam jumlah besar tersebut dengan cepat dan tepat waktu. Biaya modal dan operasional meningkat tajam seiring kian besarnya jumlah data yang harus ditampung oleh pusat data.

Hal tersebut menyebabkan lonjakan biaya total kepemilikan TI, terlebih karena terlalu besarnya waktu downtime yang dialami. Selain itu, muncul pula kebutuhan untuk mengimplementasikan strategi pemulihan kerusakan atau disaster recovery (DR) yang memenuhi persyaratan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, serta dalam rangka untuk menghadirkan perlindungan menyeluruh bagi aplikasi-aplikasi kunci bisnis, seperti ERP system dan lain sebagainya.

“Berkat dukungan infrastruktur TI yang fleksibel, efisien dan efektif yang dihadirkan VMware, kini proses pengklaiman dapat dilakukan lebih cepat, seperti yang diharapan oleh pelanggan,”ungkap Tri Haryanto, Head of ICT Division, Jasa Raharja.

Beragam manfaat nyata dirasakan PT Jasa Raharja setelah tuntas melakukan implementasi solusi VMware, seperti tercapainya efisiensi di berbagai lini bisnis.

Pemangkasan biaya TI – Perusahaan berhasil memangkas belanja modal untuk TI sebesar 72% berkat VMware vSphere. Total hanya 4 host fisik saja yang dibutuhkan untuk menjalankan 63 server virtual. Secara keseluruhan perusahaan berhasil memangkas belanja operasional TI hingga 42% dan mampu menghemat lebih dari 48% dari biaya total kepemilikan TI.

ABE

Sumber : metrotvnews.com