Viral di Media Sosial, dari Warna Gaun, Gerakan Kucing Sampai Ulang Tahun Cheryl

Setelah warna gaun dan gerak kucing yang berjalan di tangga, pengguna media sosial masih ramai membicarakan tentang soal ujian matematika di Singapura yang dianggap rumit. Foto soal yang diterbitkan presenter televisi Singapura tersebut merupakan soal yang ditujukan untuk peserta olimpiade matematika.

Lantas mengapa banyak orang mendiskusikannya? meski ditujukan untuk olimpiade SMP, banyak orang dwasa yang pusing memikirkan jawabannya.

Jika diterjemahkan, soal tersebut berisi pertanyaan sebagai berikut:

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl, dan mereka ingin tahu kapan ulang tahun Cheryl. Cheryl pun memberi 10 kemungkinan tanggal dan bulan ulang tahunnya, yaitu 15 Mei, 17 Juni, 14 Juli, 14 Agustus, 16 Mei, 18 Juni, 16 Juli, 15 Agustus, 19 Mei, dan 17 Agustus. Cheryl pun memberitahu Albert dan Bernard secara terpisah tanggal dan bulan ulang tahunnya.

Albert: “Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, namun saya tahu bahwa Bernard tidak mengetahuinya juga.”
Bernard: “Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, namun sekarang saya tahu.”
Albert: “kalau begitu saya tahu kapan ulang tahun Cheryl.”

Pertanyaannya, kapan sebenarnya ulang tahun Cheryl?

Ribuan orang kini telah mengomentari foto tersebut, dan banyak di antaranya menjawab dengan bercanda. Komentar lucu pun berhamburan, salah satunya datang dari pengguna Twitter bernama Katie Crhystler yang mengatakan bahwa Cheryl adalah anak yang pelit dan tak akan dapat banyak hadiah di ulang tahunnya.

Sementara itu, pengguna Twitter lain, yaitu RK menyarankan agar menanyakan kembali hari ulang tahun tersebut ke Cheryl sambil membawakan bunga mawar.

Beberapa orang mengklaim telah memecahkan soal tersebut. Pengguna YouTube Ham Guna adalah salah satu yang berhasil memecahkan misteri ulang tahun Cheryl tersebut. Ia bahkan telah mengunggah video yang menjelaskan bagaimana caranya memecahkan soal unik tersebut. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda bisa memecahkan soal tersebut? (BBC)

ABE

Sumber : metrotvnews.com