Kata perpisahan telah dilontarkan oleh Vicente Del Bosque kepada timnas Spanyol. Pelatih berusia 65 tahun itu tidak akan kembali menukangi timnas di musim depan. Selama kiprahnya di Spanyol, dirinya sukses menyumbangkan gelar jawara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Sebelumnya, banyak pihak yang mengharapkan jika Spanyol mampu kembali bangkit dari kemerosotan yang dialaminya di Piala Dunia 2014. Saat itu, mereka menelan pil pahit yakni tersisihnya Timnas Spanyol di babak 16 besar dengan peroleh skor 0-2 kontra Italia.

Vicente Del Bosque mengaku jika inilah saat terakhirnya bersama Spanyol dan sudah saatnya ia melepaskan jabatannya sebagai tutor Timnas Spanyol. Menurutnya, tiba waktunya untuk timnas ditukangi oleh pelatih muda yang memiliki performa impresif.

“Yang terbaik saat ini ialah memberikan probabilitas kepada para pelatih mudah untuk membuktikan kemampuan terbaiknya dalam menukangi tim ini. Saya memahami bahwa ini adalah hari-hari terakhir saya bersama Timnas Spanyol.

Selama 8 tahun menjabat sebagai pelatih, pelatih kelahiran 23 Desember 1950 itu sudah banyak menyumbangkan gelar yang sebelumnya tak pernah dicapai timnas, yakni juara dunia dan juara Eropa. Dalam menjalani 114 laga, tim hanya mampu dikalahkan sebanyak 17 kali.

Sejatinya, Vicente Del Bosque telah sempat beberapa kali menyiratkan jika dirinya bakal melepas jabatannya itu. Salah satunya pasca penghelatan Piala Dunia 2014. Akan tetapi, saat itu Angel Maria Villar beserta pada pemain timnas lainnya mendesak agar sang pelatih tetap bertahan, paling tidak sampai berlangsungnya Euro 2016.

Akan tetapi saat ini, salam perpisahan pun akhirnya telah dilontarkan oleh Vicente Del Bosque. Nantinya, Timnas Spanyol dikabarkan akan ditukangi oleh tutor yang berbeda, tentunya dengan gaya kepemimpinan yang berbeda pula.