Pep Guardiola diyakini oleh Vicente Del Bosque jika dirinya layak juru racik Timnas Spanyol. Menurut pelatih berusia 65 tahun itu, Guardiola adalah pelatih terbaik dunia yang ada sekarang ini dan Spanyol membutuhkan jasanya untuk bisa semakin Berjaya.

Seperti yang telah kita ketahui, pasca penghelatan Euro 2016, Vicente Del Bosque memutuskan untuk mundur menukangi Spanyol. Dalam kompetisi bergengsi tersebut, memang skuad asuhannya kurang tampil maksimal. Walaupun sukses menjawarai dua laga perdana, namun saat diperhadapkan dengan beberapa klub besar Eropa, Spanyol malah menciut.

Pasca Del Bosque tak lagi menukangi Spanyol, banyak pihak yang mempertanyakan siapa sosok pelatih yang layak untuk menempatkan posisinya itu. Beberapa nama yang sempat dikait-kaitkan yakni seperti Paco Jemez atau Joaquin Caparros. Akan tetapi, Del Bosque justru meyakini jika Pep Guardiola adalah tutor yang layak menggantikan posisinya tersebut.

“Pep Guardiola adalah sosok pelatih terbaik di dunia untuk saat ini. Banyak gelar yang sudah berhasil ditorehkannya. Bahkan dengan ia menerima tawaran untuk menukangi Bayern Munchen, walaupun ia tidak terlalu mampu berbahasa Jerman menunjukkan bahwa ia benar-benar pelatih yang berkualitas,” tutur Vicente Del Bosque.

Meski demikian, Vicente Del Bosque pun memaklumi jika Pep Guardiola lebih menyukai jadi juru racil klub dibandingkan dengan timnas. Karena, akan ada kesenjangan diantara gaji yang didapatkan selama menukangi Manchester City dengan gaji yang akan diterimanya di Timnas Spanyol. “Gaji merupakan kesenjangan yang sangat dominan yang tentunya menjadi persoalan besar untuk mereka yang sudah terbiasa mendapatkan uang banyak selama berkarir,” pungkasnya.