Upaya Pemerintah Menghadirkan Listrik Murah Bagi Masyarakat

DUAKALI.COM – Energi listrik saat ini telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Maka dari itu, kebutuhan akan energi listrik murah menjadi harapan besar masyarakat di tengah terus membengkaknya biaya hidup saat ini.

Sejumlah langkah telah ditempuh oleh pemerintah untuk menghadirkan listrik murah. Salah satunya ialah dengan mensubsidi tarif listrik.

Namun, seiring berjalannya waktu, pemerintah mencatat pemberian subsidi ini tidak efektif. Sebab, banyak masyarakat mampu justru masih menerima subsidi listrik.

Maka dari itu, pemerintah memutuskan bakal mencabut subsidi listrik 23 juta rumah tangga pada tahun depan. Manajer Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan rumah tangga pengguna 450 VA dan 900 VA mencapai 47,7 juta rumah tangga.

Dari jumlah itu, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menyebut hanya 24,7 juta rumah tangga yang layak mendapatkan subsidi listrik. “Sebanyak 23 juta subsidinya akan dicabut dan dihimbau untuk beralih ke 1.300 VA,” ujar dia. Keputusan ini merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan listrik murah bagi masyarakat.