Liga Inggris – Manchester United bisa dikatakan akan segera menjalani jadwal padat dalam beberapa minggu kedepan. Setelah FA Cup akhir pekan ini, MU telah dinanti oleh St. Etienne pada leg kedua Europa League di tengah pekannya sebelum tampil di final EFL Cup pada akhir pekan depan. Rotasi pun sepertinya menjadi perihal yang mau tak mau harus dilakukan oleh Jose Mourinho.

Untuk Ukur Kapabilitas Setan Merah, Mou dituntut Lakukan Rotasi 1


Salah satu sektor yang patut dirotasi oleh Mourinho adalah sektor belakangnya. Sejauh ini, sektor belakang MU memang bisa dikatakan inkonsisten. Kadang kala, mereka dapat menjadi tembok kokoh yang sukar dilewati. Tapi, tidak jarang pula mereka menjadi titik lemah yang malah membuat United sering kehilangan poin pada laga-laga krusial.

Opsi utama Mou di sektor belakang saat ini adalah Antonio Valencia yang mengisi bek kanan, paduan Chris Smalling dan Phil Jones sebagai bek tengah, serta Marcos Rojo yang dilokasikan sebagai bek kiri. Sebenarnya, opsi utama ini pun sudah menuju ke arah yang cukup baik bagi The Special One. Tapi, tentu tidak ada ruginya bila Mou menguji kapasitas skuatnya dengan merotasi pemain belakang.

Daley Blind dan Luke Shaw adalah dua nama yang kemungkinan akan dimainkan oleh The Special One. Blind bisa dilokasikan sebagai bek tengah dan juga bek kiri, walaupun akselerasinya yang kurang, kadang kala malah menjadi kendala. Blind pun sesungguhnya pernah menjadi opsi utama Mourinho di awal musim ini. Tapi, perlahan punggawa berkebangsaan Belanda tersebut mulai kehilangan posisinya. FA Cup pun bisa menjadi peluang baginya untuk kembali memberikan kredit bagi Mourinho.

Lain lagi dengan keadaan dari Luke Shaw. Bek kiri yang berkebangsaan Inggris ini kehilangan posisi utamanya karena memang performanya yang kurang memuaskan. Bahkan, ia juga pernah dikritik langsung oleh sang juru taktik. Cedera pun sempat menghalangi kembalinya sang pemain ke skuat utama. Dengan janji Mourinho untuk kembali memberinya kesempatan, tentu karir Shaw untuk saat ini paling tidak masih memiliki masa depan di Old Trafford.

Satu sosok yang mungkin cukup ditunggu oleh fans The Red Devils untuk merumput mungkin adalah pemain belakang belia, Timothy Fosu-Mensah. Semenjak laga kontra Wigan Athletic di FA Cup pada akhir Januari lalu, Fosu-Mensah tidak lagi menjadi opsi Mourinho dalam pasukan yang ia bawa pada hari pertandingan. Kendati demikian, tentu tidak bisa dipungkiri kalau Fosu-Mensah turut ambil andil kala Setan Merah mencapai partai final FA Cup musim lalu. Hal ini mungkin bisa menjadi penilaian Mourinho untuk menurunkan pemain berpaspor Belanda tersebut.

Terlepas akan diturunkan atau tidaknya tiga nama di atas, The Special One memang perlu merotasi para punggawanya. Selain untuk mengurangi tingkat kemungkinan cedera, tentu juru taktik asal Portugal tersebut juga harus memahami seberapa dalam pasukan yang ia miliki saat ini. Dengan bermodalkan pengetahuan tersebut, tentu ia akan segera menemukan pemecahan dan setidaknya bisa mengantarkan The Red Devils terbang tinggi pada sisa musim ini.