Turun Gigi dan Gantung RPM, Trik Adhi Chandra Kuasai Final SIC 2015

Bogor: Tak disangka-sangka, dua race Grand Final Suzuki Indonesia Challenge (SIC) 2015 akan dikuasai oleh satu pembalap saja. Adalah Adhi Chandra, yang meraih poin maksimal 50, dengan finish terdepan pada race pertama dan kedua.

Pemuda berusia 16 tahun ini juga mengaku, bahwa ini adalah balapan pertamanya di Sirkuit Sentul, Bogor. Peserta SIC yang ikut seleksi di Sirkuit Kalan, Samarinda ini mengaku bahwa ilmu yang diberikan Nobuatsu Aoki sangat berguna baginya menjuarai final SIC 2015.

“Ilmu dari Aoki saya terapkan, lalu saya kembangkan racing line sendiri,” katanya. Menurut Adhi, ilmu dari Aoki yang paling berpengaruh buatnya adalah saat memasuki tikungan S kecil. “Dia bilang langsung turun ke gigi tiga, tapi gantung RPM biar bisa langsung narik lagi,” sambungnya.

Selain itu, Adhi juga tak mau ngoyo ketika berada di trek lurus. “Kalau saya yang di depan, banyak lawan yang curi angin dari saya. Makanya saya waktu lurus sengaja kendorin gas supaya pada melewati saya, jadi saya yang curi angin dari mereka. Begitu mau masuk tikungan saya lewati mereka lagi dengan late braking,” bebernya.

Selain ilmu dari Aoki dan trik curi anginnya, Adhi juga diuntungkan dengan berat badan yang hanya 40 kilogram. Mengingat spesifikasi motor yang digunakan sama, maka selain skill, berat badan juga berperan disini.

Selamat untuk Adhi, semoga bisa berkiprah lebih baik di Suzuki Asia Challenge nantinya.

UDA

Sumber : metrotvnews.com