Toyota kembali merilis mobil terbarunya di Indonesia yang dapat diandalkan sebagai mobil keluarga, yakni Toyota Transmover. Mobil ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 150 juta sehingga mampu menjadi generasi penerus Toyota Calya yang digadang-gadang sebagai mobil LCGC terbaru dari Toyota.

Kabarnya, mobil Toyota terbaru ini dikhususkan untuk perusahaan berbadan hukum, seperti taksi online dan lain sebagainya. Namun tidak menutup kemungkinan jika mobil ini diperjualbelikan secara bebas untuk kalangan masyarakat yang membutuhkan mobil murah tapi tetap mampu memenuhi kebutuhan pengendara bagi para penggunanya.

Meskipun harga Toyota Transmover lebih murah dibandingkan dengan Toyota Avanza, tapinya mobil ini tetap disenjatai dengan mesin yang berkualitas, yakni mesin 4 Silinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i yang memiliki kapasitas mencapai 1.329cc. Berkat dibekalinya mobil ini dengan teknologi Dual VVT-I, maka akan menghasilkan tenaga yang besar dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.

Berbekal penggunaan mesin yang sama dengan Toyota Avanza, mobil ini mampu menyemburkan tenaga yang optimal, yakni mencapai 96.5 PS pada rotasi mesin 6.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya mencapai 12.3 kgm pada rotasi 4.200 rpm.

Tenaga yang dihasilkan mobil ini terbilang cukup besar, sehingga dapat diandalkan saat digunakan sebagai kendaraan taksi untuk mengangkut penumpang jarak jauh maupun jarak dekat. Tapinya sayang, Toyota Transmover hanya dipasarkan dalam versi manualnya saja, sehingga menjadikan harganya tetap bersahabat.

Untuk menjamin kepuasan para penggunanya selama berkendara, Toyota Transmover dibekali dengan beragam fitur yang cukup lengkap. Salah satunya adalah sistem multimedia yang mengadopsi dua buah speaker dan audio 1DIN. Tapinya sayang, mobil ini tidak dibekali dengan AC Double Blower dan spionnya masih menggunakan yang versi manual.

Meski demikian, mobil ini tetap dilengkapi dengan fitur Power Window yang mampu memberikan kemudahan kepada para pengendaranya saat membuka kaca mobil. Toyota Transmover juga masih menggunakan pelek kaleng berwarna silver dengan ukuran sebesar 16 inci. Sementara untuk bannya sendiri, mobil ini memiliki ukuran sebesar 185/70.

Dari sisi interiornya, Toyota Transmover dibekali dengan door trim tanpa penggunaan material fabric. Sementara untuk kursinya, mobil ini menggunakan perpaduan material fabric dan vinyl. Tidak hanya itu, di bagian joknya pertamanya juga tidak dilengkapi dengan back pocket. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa beragam fitur yang kalah mewahnya dari Toyota Avanza yang harganya dibanderol lebih mahal.

Lanjut ke sisi eksteriornya, tersemat emblem khas ‘Transmover’ di bagian belakangnya. Sementara di bagian depannya, Toyota tidak membekalinya dengan fog lamp dan tidak dilapisi dengan balutan warna krom. Kemudian untuk sistem pengeremannya, mobil ini dibenami dengan rem depan bertipe cakram dan rem belakangnya berjenis tromol tanpa dibekali teknologi pengereman ABS.

Perombakan fitur di bagian interior dan eksterior ini dilakukan Toyota untuk memangkas harga Toyota Transmover agar lebih terjangkau. Tidak hanya itu, pabrikan otomotif asal Jepang itu juga belum dibenami dengan fitur muffler cutter, remote alarm, dan rear wing spoiler.

Meskipun mempunyai banyak sekali kelemahan dalam hal fiturnya, tapinya Toyota Transmover dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai mobil low MPV yang dapat diandalkan untuk berkendara. Lebih dari itu, Toyota Transmover juga disenjatai dengan fitur keselamatan, salah satunya adalah fitur Dual SRS Airbag sehingga mampu mengurangi tingkat cedera ketika terjadi kecelakaan. Tersedia juga sabuk pengaman tiga titik yang menjadi standar wajib bagi setiap mobil besutan Toyota.