Tommy dan Kevin Jorgeson Menaklukkan Dawn Wall of El Capitan
Tommy dan Kevin Jorgeson Menaklukkan Dawn Wall of El Capitan

Tommy dan Kevin Jorgeson Menaklukkan Dawn Wall of El Capitan – Taman Nasional Yosemite , California – Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson berhasil mencapaii puncak El Capitan Dawn Wall, menyelesaikan perjalanan yang besar dengan bertahun-tahun perencanaan. El Capitan Dawn Wall dianggap sebagai batu yang paling menantang untuk dmanjat di dunia .

Puluhan anggota keluarga dan teman-teman menyambut para pendaki ketika mereka mencapai puncak di 03:25 Rabu ,14 Januari 2015 waktu setempat. Setelah Caldwell memeluk istrinya dan Jorgeson memeluk pacarnya , mereka diberi anggur bersoda . Jorgeson disemprot nya. ” Itu mandi pertama Anda dalam beberapa saat , ” kata istri Caldwell , Rebecca.

Jorgeson mengatakan tujuan mereka adalah: ” Saya berharap ini mengilhami orang untuk menemukan sendiri Dawn Wall, jika Anda mau . Kami telah bekerja pada hal ini waktu yang lama, perlahan dan pasti . Saya pikir setiap orang memiliki rahasia mereka sendiri Dawn Dinding untuk menyelesaikan satu hari , dan mungkin mereka dapat menempatkan proyek ini dalam konteks mereka sendiri .”

“Aku akan selalu ingat perjuangan itu , ” kata Kevin Jorgeson yang 10 kali gagal pada melintasi samping Pitch 15 sebelum ia mampu untuk membuatnya agar dapat dilalui sebagian dari pendakian.

Kevin Jorgeson telah berjuang pada pitch 15 , dengan erat berpegang pada El Capitan Dawn Dinding.
Ini adalah pendakian pertama dari 3.000 kaki Dawn Wall dalam ekspedisi tunggal dengan hanya menggunakan tangan dan kaki untuk menarik pendaki, tantangan ini telah lama dianggap mustahil . Alat pengaman yang digunakan keduanya hanyalah tali.