Walaupun harus menahan diri untuk tidak mengasup makanan dan minuman selama berpuasa, bukan berarti anda harus berdiam diri dan bermalas-malasan beraktivitas. Selama berpuasa, anda dianjurkan untuk tetap beraktivitas layaknya di bulan-bulan biasanya, termasuk olahraga yang diyakini mampu memberikan manfaat untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan tubuh yang prima ketika berolahraga di bulan puasa, pastikan anda mengasup makanan yang tepat. Sakina Mustansir, seorang ahli diet di Prime Hospital menyebutkan bahwa jenis makanan dan minuman yang diasup harus disesuaikan dengan seberapa maksimal olahraga yang dilakukan.

Ada baiknya, anda dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti pilates, jalan kaki, yoga, kardio pendek, dan jogging seusai berbuka puasa. Untuk makanan yang diasup, anda bisa mengkonsumsi makanan ringan terlebih dulu dengan segelas minuman manis.

Selain itu, untuk menggantikan energi yang terhilang sehabis berolahraga, asuplah buah ataupun kudapan berprotein. Dalam hal ini, anda disarankan untuk memakan sayuran dan ayam atau ikan usai 1 jam berolahraga.

Akan tetapi, apabila jenis olahraga yang dilakukan tergolong berat, Sakina menyarankan untuk anda mengasup 2 liter air ketika berolahraga. Hal ini pun diyakini mampu mencegah tubuh anda kekurangan cairan dan tetap prima. Usahakan, saat berbuka dan sahur, anda meminum sebanyak 4 liter per harinya.

Sebaiknya, jenis olahraga yang tergolong berat seperti angkat beban ataupun mengikuti perlombaan, dilakukan setelah 1,5 jam berbuka puasa. Setelahnya, gantikan energi yang terhilang dengan mengasup buah kurma, jus dan sup. Jika perlu, imbangilah dengan sayuran, karbohidrat komplek, dan juga protein.