Bagi anda para pengidap diabetes, tentunya harus tetap memperhatikan makanan yang diasup selama berpuasa. Pastikan, gula darah di dalam tubuh tetap aman dan sesuai dengan batasnya. Jika perlu, anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter perihal kondisi kesehatan tersebut.

Dr. R Bowo Pramono, SpPD-KEMD dari RSUP Dr Sardjito menandaskan bahwa tidak ada larangan bagi para pengidap diabetes untuk berpuasa asalkan makanan yang diasup masih terkontrol. Komposisi makanannya bisa sama, tapi jumlah makanannya perlu diperhatikan.

Dr. Bowo menambahkan, bagi para pengidap diabetes dianjurkan untuk mengasup makanan yang sesuai dengan anjuran ahli gizi. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan seratnya.

Tak hanya itu, para pengidap diabetes juga harus menahan dirinya untuk tidak mengasup makanan manis yang kadar gulanya tinggi. Tapi anda masih diperbolehkan untuk memakan santapan manis yang menggunakan gula rendah kalori dengan jumlah yang tidak berlebihan tentunya.

Dr. Bowo juga mengingatkan bagi para penderita diabetes untuk minum air putih yang cukup agar tidak mengidap penyakit jantung dan ginjal. Sejatinya, penderita diabetes harus mengasup cairan sekitar 2000 sampai 2.500 cc. Namun bagi yang punya penyakit jantung dan ginjal, dianjurkan hanya mengkonsumsi 500 cc saja.

Perlu diingat, usahakan untuk tidak menambah jumlah makanan yang diasup, karena saat mengambil pertama kali, lumrahnya mereka bisa memperkirakan porsi yang akan dimakan. Tapi kalau sudah nambah, seringkali porsinya akan lebih banyak. Untuk itu, perlu dibatasi dan dihindari keinginan untuk menambah porsi makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here