Long Distance Relationship atau biasa kita sebut dengan LDR merupakan hubungan jarak jauh yang biasanya dialami oleh sepasang kekasih. Sebagian besar pasangan yang menjalin hubungan ini biasanya tidak akan awet dan melangkah ke jenjang pernikahan karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga hubungan LDR tetap langgeng.

1. Komunikasi yang Baik
Menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan merupakan hal terpenting bagi para pasangan yang LDR. Tanpa adanya komunikasi, akan timbul rasa curiga dan salah paham antar satu sama lain. Usahakanlah agar anda dan pasangan selalu berkomunikasi setiap harinya, melalui telepon, skype, whatshap, line dan media sosial lainnya. Carilah topk yang mungkin anda belum pernah bahas sebelumnya bersama pasangan. Dengan mejaga komunikasi walaupun hanya via telepon, anda sudah bisa saling mengisi dan memupuk rasa saling memiliki antara anda dan pasangan anda.

2. Saling Percaya
Salah satu tips menjaga hubungan LDR agar tetap langgeng adalah memumpuk kepercayaan satu sama lainnya. Kepercayaan terhadap pasangan mempunyai peranan yang sangat penting demi terjaganya keharmonisan hubungan anda. Sematkan rasa percaya anda terhadap pasangan bawah pasangan anda akan tetap baik-baik saja disana dan pasangan anda akan mampu mempertahankan hubungan jarak jauh yang anda bina.

3. Hindari rasa cemburu yang berlebihan
Hubungan jarak jauh memang memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah rasa cemburu kepada pasangan. Rasa cemburu tersebut karena pikiran anda yang negatif terhadap pasangan. Untuk itu, sebaiknya anda jangan terlalu cemburu secara berlebihan kepada pasangan anda karena akan mengganggu kelanggengan hubungan anda berdua.
4. Menjaga komitmen
Tips penting lainnya untuk menjaga agar hubungan LDR anda tetap langgeng adalah dengan menajga komitmen satu sama lainnya. Pastikan dalam menjalin hubungan, anda sudah saling menggerti komitmen-komitmen yang telah anda sepakati. Ada baiknya anda selalu membicarakan keluh kesah anda kepada pasangan daripada menyimpannya di dalam hati. Apabila anda dan pasangan sudah memegang komitmen tersebut, sejauh apapun jarak anda dengan pasangan tidak akan membuat hubungan anda goyah.