Tips Menetralkan Kembali Lidah Dari Sensasi Pedas

DUAKALI.COM – Meminum air masih banyak digunakan orang untuk mengatasi rasa pedas di lidah usai mengonsumsi cabai. Selain air, sebetulnya masih ada cara yang lebih efektif untuk menetralkan kembali lidah dari sensasi pedas.

1. Susu
Susu putih tawar dapat menjadi senjata ampuh untuk melenyapkan rasa pedas di mulut. Menurut American Chemical Society, protein di dalam susu atau kafein membantu memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas dari cabai) dengan reseptor saraf.

2. Gula
Saat lidah terasa terbakar sebaiknya konsumsi satu sendok gula untuk menetralkannya. Gula dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah.

3. Cokelat
Makan cokelat menjadi cara praktis untuk menghilangkan pedas, lemak tinggi pada cokelat yang membantu menghilangkan capsaicin di mulut. Cokelat susu lebih cepat menghilangkan sensasi pedas daripada cokelat hitam karena mengandung lebih banyak lemak.

4. Roti
Sepotong roti dapat membantu menghilangkan senyawa capsaicin, hal ini karena keduanya bisa saling menyerap dan lidah kembali netral dari rasa pedas.