Tips Berinvestasi Untuk Kaum Muda

DUAKALI.COM – Bagi kaum muda yang ingin berinvestasi perlu mengetahui 5 hal ini sebelum berinvestasi. Investasi bukan hanya ‘permainan’ bagi orang dewasa, tapi kamu yang masih muda juga bisa melakukannya.
Tanpa investasi, jumlah uang yang kamu punya tidak bisa berkembang, bahkan bisa saja habis kalau enggak punya pemasukan setiap bulan.

Kalau kamu ingin mulai berinvestasi tapi bingung apa saja yang harus dipertimbangkan, tidak usah khawatir. Karena kami akan kasih pencerahan buat kamu khususnya kaum muda.

Pertama, pastikan kamu sudah memecah uang yang kamu punya menjadi tiga bagian. Nah, 30% dari keseluruhan uangmu kamu gunakan untuk berinvestasi.  Jangan berani berinvestasi kalau kamu belum jelas memilah mana dana untuk makan, ongkos, investasi dan bersenang-senang.

Kedua, Walaupun kedengarannya menggiurkan, investasi bukan sekedar permainan yang bakal bikin kamu mendadak jadi kaya. Kamu perlu berusaha juga untuk meningkatkan penghasilan.  Kamu juga harus mengerti tentang pasar. Lagian, ketika berinvestasi kamu juga enggak bisa langsung punya banyak uang.  Investasi itu jangka panjang, paling tidak kamu harus menunggu lima sampai 10 tahun sampai uangmu bertambah berlipat-lipat.

Ketiga, Ada banyak macam investasi seperti saham, obligasi, reksa dana, emas, properti dan FOREX (pertukaran mata uang asing). Pelajari satu persatu sebelum memilih. Pahami resiko masing-masing jenis investasi.

Keempat, Investasi bukan sekedar menaruh uang di dalam dompet dan tanpa membuang tenaga tiba-tiba uangmu akan berlipat ganda.  Investasi membutuhkan komitmen yang kuat dan mengharuskanmu untuk terus memantau uang yang kamu investasikan.

Kelima, Jangan pernah mulai tanpa punya mentor (pembina) yang tepat. Ini soal uang!!! Ketika kamu salah melangkah, uangmu bukannya bertambah tapi malah habis. Jadi kamu harus berhati-hati. Karena enggak ada yang instan di dunia ini.

Inilah yang harus kamu pertimbangkan sebelum mulai berinvestasi. Mulai dari sekarang selain menabung, kamu juga punya cara lain untuk meningkatkan pendapatanmu dan menjadi sukses. Good Luck and God Bless You, guys.