Terlalu Lama di Depan Monitor, Waspadai Sindrom Visi Komputer

Jakarta: Apakah Anda menghabiskan banyak waktu di depan komputer? Jika ya, Anda patut mewaspadai sindrom visi komputer.

Gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan komputer disebut Computer Visi Syndrome (CVS) atau sindrom visi komputer.

Sindrom visi komputer memengaruhi sekitar 64 sampai 90 persen pekerja kantor.

Gejala yang ditimbulkan yaitu penglihatan kabur, penglihatan ganda, kering, mata merah, iritasi mata, sakit kepala, sakit Leher atau punggung.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, tidak menutup kemungkinan muncul gangguan mata yang lebih serius seperti katarak dan glaukoma.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk meringankan mata Anda?

– Perhatikan postur tubuh
Anda perlu memposisikan tubuh Anda dengan baik ketika berada di depan komputer. Postur tubuh yang baik akan mengurangi ketegangan pada punggung, leher dan bahu.

– Kurangi silau
Pasang filter anti-silau pada monitor komputer Anda. Sesuaikan dengan nuansa jendela. Mengubah kontras dan kecerahan layar membantu mengurangi pantulan cahaya.

– Berkedip sesering mungkin
Berkedip dapat mencegah mata kering dan membuat mata Anda tatap lembab. Jika ini tidak berhasil, gunakan tetes mata. selain itu, pastikan ventilasi udara tidak mengarah ke wajah Anda karena dapat membuat mata mata.

– Istirahat sejenak
Jika Anda diharuskan berada di depan komputer dalam jangka waktu cukup lama, setidaknya luangkan waktu untuk beristirahat. Anda bisa berdiri, melakukan peregangan, atau hanya melihat ke kejauhan, yang jelas tidak menatap layar komputer. Lakukan ini setidaknya 15 menit atau lebih untuk mengistirahatkan mata Anda.

– Bersihkan monitor
Salah satu cara untuk menghindari ketegangan mata yakni membersihkan monitor secara teratur. Pasalnya, debu dapat menurunkan ketejaman layar sehingga membuat mata Anda bekerja lebih keras.

– Pakai kacamata komputer
Selama ini mungkin Anda hanya mengenal kacamata yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kacamata komputer berbeda karena dirancang khusus untuk melihat layar komputer. Anda hanya dapat menggunakannya ketika duduk di depan komputer.

– Terapi visi optometric
Beberapa pengguna komputer memiliki masalah fokus mata atau koordinasi yang tidak dikoreksi oleh kacamata atau kontak lensa. Terapi visi ini dirancang untuk meningkatkan fungsi visual atau latihan untuk mata. (Ningtriasih/Time)
ROS

Sumber : metrotvnews.com