Cesar Luis Menotti melontarkan bahwa Timnas Argentina akan terancam gagal di penghelatan Piala Dunia 2018 tanpa kehadiran Lionel Messi. Sejatinya, kuota peserta di babak final Piala Dunia yang begitu terbatas dinilai Menotti begitu rawan bagi tim yang sebelumnya ditukangi oleh Gerardo Martino itu.

Dari zona Amerika Selatan, hanya akan ada lima tim yang bisa melaju ke penghelatan Piala Dunia 2018 mendatang. Posisi empat teratas dapat dipastikan akan melangkah ke Rusia, sedangkan tim di urutan kelima harus mempertahankan posisinya dalam play off inter konfederasi.

Kini, Timnas Argentina baru berlaga sebanyak enam kali dan menempati posisi ketiga. Akan tetapi, perjalanan yang harus diarungi masih begitu panjang, lantaran aka nada 12 laga yang menanti, dan tidak akan pernah ada yang mengetahui apa yang bakal terjadi nantinya.

Sang kapten tim, Lionel Messi menyatakan mundur membela Timnas Argentina pasca gagal di penghelatan Copa America 2016. Sampai saat ini, belum ada satu pun tanda yang menyiratkan bahwa Messi bakal kembali lagi membela tim. Hal inilah yang dicemaskan oleh Cesar Luis Menotti, yang menurutnya Messi mampu memberikan kontribusi yang besar untuk Argentina.

“Dalam penghelatan Piala Dunia 2018 nanti, hanya akan ada 5 tim yang akan lolos. Tanpa Messi, Argentina sangat dikhawatirkan tidak termasuk dalam 5 tim itu. apabila Messi ingin kembali membela tim, Argentina harus segera mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala Dunia Qatar 2022.

Hengkangnya Tata Martino dari Timnas Argentina pun sangat dikhawatirkan oleh Menotti. Pasalnya, saat ini timnas tidak memiliki pelatih. Menurut Cesar Luis Menotti, tidak ada yang salah dari hengkangnya Martino dari timnas.

“Saya tidak ingin memojokan Martino lantaran ia memutuskan untuk hengkang dari timnas. Ia dan sejumlah staf pelatih timnas tidak digaji selama beberapa bulan. Untuk itu, taka da salahnya jika ia memutuskan pergi dari timnas,” tutur Menotti.