Federasi Otomotif Internasional (FIA), mengutarakan bahwa pihaknya menyebut usia sistem kualifikasi balap Formula One (F1) musim 2016 telah usai. Sistem kualifikasi akan kembali seperti musim lalu mulai GP China hingga akhir seri terakhir.

Disaat perubahan peraturan mengenai kualfikasi F1 musim ini memang terdapat perubahan dari musim lalu. Musim lalu, seluruh pembalap masih bisa melakukan putaran selama 15 menit selama sesi kualifikasi pertama untuk mendapatkan waktu terbaik.

Musim ini, FIA memberlakukan waktu yang terbilang lebih singkat. Biarpun durasi waktunya tidak jauh berbeda, dalam tujuh menit pertama, harus ada pembalap yang keluar dari kualifikasi dan setiap satu menit kemudian, akan ada pilot yang harus menghentikan kualifikasinya.

Sytem itu pun jelas sangatlah merugikan buat para rider. Oleh karena itu banyak pilot ajang jet darat yang mengeluhkan sistem kualifikasi musim 2016.

Sejatinya para rider telah memintai FIA buat mengembalikan sistem kualifikasi seperti di musim lalu selepas balapan seri perdana di Melbourne beberapa waktu lalu. Baru akhirnya setelah melakukan pemungutan suara, sistem kualifikasi resmi kembali seperti musim lalu.

“Atas permintaan suara terbanyak pada surat yang diterimanya hari ini, Jean Todt, Presiden FIA, dan Bernie Eccelestone, bos F1, terima pengajuan proposal pada komisi F1 serta Komisi dan Dewan Motorsport Dunia untuk kembali ke format kualifikasi yang berlaku pada 2015. Usulan ini akan berlaku mulai GP China dan berlaku hingga akhir musim,” jelas pernyataan FIA.