Suzuki Masuk Era Baru Sepeda Motor Bermesin Turbo

Saat ini kendaraan bermotor roda dua tengah memasukin tren terbaru, yakni motor yang dilengkapi dengan turbo. Setelah Kawasaki memasangkan supercharger di Ninja H2, Suzuki mencoba mengikuti jejak tersebut dengan buat paten untuk mesin berkomponen turbocharged garapan mereka.

Seperti dikutip dari Autoevolution, gambar desain mesinnya sangat mirip dengan konsep Suzuki Recursion. Tanpa detail lain yang dibeberkan, beberapa media berspekulasi bahwa manufaktur asal Hamamatsu, Jepang itu sedang mempertimbangkan produksi massal sepeda motor ini di masa depan.

Tidak seperti Kawasaki H2 yang menambahkan komponen supercharger pada mesin berkapasitas besar yaitu 1.000 cc. Suzuki memberikan turbocharged pada mesin yang lebih kecil. Mesin tersebut berkapasitas 588cc yang kemudian dipasangkan twin turbo pararel. Hasilnya, mesin tersebut dapat memproduksi tenaga sebesar 100 daya kuda dan torsi 100 Nm.

Bahkan kini beredar sebuah rumor bahwa tahun ini bisa saja Suzuki Recursion benar-benar bisa diproduksi. Jika motor ini diproduksi maka bisa menciptakan generasi baru, mesin segmen menengah dengan tambahan turbo.

Jika dibandingkan Kawasaki, Suzuki tampaknya mengincar motor yang lebih terjangkau secara harga. Semoga saja motor dengan mesin turbo bisa segera diproduksi secara masal.

UDA

Sumber : metrotvnews.com