Suzuki kembali meluncurkan produk motor sport anyarnya yang mengusung nama Suzuki GSX-250R. Motor Sport ini hadir untuk menjadi penantangnya Honda, Yamaha, maupun Kawasaki yang kini tengah gencar merilis motor sport 250cc.

Motor Suzuki terbaru ini dirancang dengan mengandalkan mesin berkapasitas 250cc bertipe 2 silinder yang menjadikannya mampu menyaingi para rivalnya. Kehadiran motor ini tentunya akan menjadikan persaingan motor sport kian sengit, apalagi disenjatai dengan mesin 2 silinder yang mempunyai tenaga lebih gahar apabila dibandingkan dengan mesin satu silinder.

Berkat penggunaan mesin tersebut, Suzuki GSX 250R ABS mampu menyemburkan tenaga yang besarnya mencapai 23.4 NM pada rotasi mesin 8.000 rpm. Meski tenaga yang dihasilkan lebih kecil jika disandingkan dengan motor sport lainnya, tapinya motor ini menyuguhkan besaran torsi yang berimbang, yakni sebesar 23.4 Nm pada rotasi mesin 6.500 rpm.

Mesin yang diusung motor ini pun mengadopsi teknologi DOHC yang dijejali dengan kubikasi sebesar 248cc dan didukung oleh sistem transmisi manual 6 percepatan. Dengan demikian, performa yang dihasilkan oleh motor ini diklaim mampu bersaing dengan para rivalnya.

Demikian juga dengan rancangan desain yang diusungnya. Di bagian mukanya, terlah terbenam headlamp berdimensi jumbo yang berpadu dengan lampu sein. Desain lampu yang dimilikinya tampak begitu menyerupai Suzuki GSX-1000. Tapinya sayang, motor ini masih menggunakan lampu bohlam H4 yang berdaya 55/60W untuk media penerangannya. Meski demikian, penggunanya yang kurang puas dengan penggunaan lampu tersebut, bisa memodifikasinya menggunakan LED Projector.

Berlainan dengan desain bagian depannya, Suzuki membenami motor barunya itu dengan stop lamp di bagian belakangnya, lengkap dengan lampu LED 12 titik sehingga menjadikan motor ini tampak begitu mengesankan. Tak hanya itu, tersemat juga fender menggantung yang menjadi karakteristik utama dari sebuah motor gede.

Sementara untuk desain bodinya, Suzuki GSX-250R dirancang dengan desain full fairing dan juga sporty. Tapinya sayang, desain bodinya masih dinilai kalah keren apabila disandingkan dengan Honda CBR250RR. Motor ini mempunyai dimensi panjang 2.085 mm, tinggi 1.110 mm, lebar 740mm, dan bobotnya mencapai 178 kg.

Suzuki GSX-250R ABS juga disenjatai dengan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter yang terbenam di bagian depan motor ini. Sedangkan untuk bannya sendiri, motor ini dibekali dengan ban depan berdimensi 110/80-17 serta ban belakangnya sebesar 140/70-17.

Beralih ke sektor suspensinya, Suzuki GSX 250R mengusung suspensi depan berjenis Teleskopik. Hal ini sangat disayangkan, karena Honda telah membekali motor sport andalannya dengan suspensi Upside Down. Hal inilah yang menjadikan harga Suzuki GSX 250R ABS semakin bersahabat.

Sementara di bagian belakangnya, Suzuki telah membekalinya dengan suspensi monoshock yang dibenamkan dpada swing arm motor ini. Untuk sistem pengeremannya, Suzuki GSX-250R juga telah disenjatai oleh rem depan cakram yang memiliki dimensi sebesar 290 mm, lengkap dengan dua caliper dari Nissin. Di bagian belakangnya, motor ini mengusung rem cakram berdimensi 290 mm yang dilengkapi dengan satu piston caliper.

Menariknya lagi Suzuki GSX 250R juga dibenami dengan fitur speedometer full digital yang mampu menyuguhkan beragam informasi yang akuran dan mendetail. Hal inilah yang menjadi kelebihannya motor ini untuk mampu mengalahkan pesaingnya, yakni Ninja 250 FI dan Yamaha R25, dimana kedua jenis motor tersebut masih menggunakan speedometer berjenis analog.

Tak hanya itu saja, motor ini juga dibenami dengan kunci kontak immobilizer yang menjadikan mesinnya tidak akan bisa dihidupkan tanpa menggunakan kunci aslinya. Pasalnya, pabrikan motor asal Jepang ini telah disemati chip khusus yang terhubung langsung dengan anak kunci serta rumah kuncinya.