Suzuki Indonesia kembali menggerakan program tanggung jawab sosial perusahaan dengan dalam dunia pendidikan, dalam program berjudul “Suzuki Peduli”. Proses seremoni sudah dilakukan di dua kota sebelumnya, Bandung dan Bali. Kini, Suzuki Indonesia menggulirkan kegiatan serupa di Malang, Jawa Timur, pada hari Kamis kemarin.

Suzuki Indonesia mempersembahkan 78 material dana ke 16 dinas pendidikan mulai dari golongan SMK sampai Universitas yang berada di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Tapinya, sepanjang 2016, Suzuki Indonesia sudah berkomitmen akan meyumbangkan total 203 material, mulai dari mobil, sepeda motor, mesin tempel (on board mechine), mesin, sampai buku pelajaran.

“Jikalau diestimasi, nilai dana yang disiapkan tahun ini sekitar Rp 4,2 miliar. Akan tetapi, jangan lihat nilainya, meski kecil, tetapi kami harap bisa membantu dunia pendidikan Indonesia demi masa depan SDM lebih baik,” ucap Davy J Tuilan di Universitas Negeri Malang (UNM), Jawa Timur, pada hari Kamis kemarin.

Suzuki juga sudah mengeratkan kesepakatan dengan UNM dengan menggerakan Pusdiklat Suzuki UM berstrata diploma satu (D1). Pusat pelatihan ini memberikan pendidikan seputar teknik otomotif, dengan kompetensi materi 20 persen umum dan 80 persen teknologi Suzuki.

Pusdiklat ini memberikan kesepakatan, dimulai dari training dosen, on the job training bagi mahasiswa di Bengkel Resmi Suzuki seluruh Indonesia, pengembangan sarana, dan prasarana kegiatan belajar mengajar serta pengembangan kurikulum. Fasilitas ini sudah bergulir sejak tahun 2006 yang lalu dan telah meluluskan 568 siswa sampai tahun 2015 lalu.

“Dari total mahasiswa yang diterima sebagai teknisi diler Suzuki diseluruh Indonesia adalah sebanyak 436 orang atau sekitar 77 persen. “Bicara kepinteran orang Indonesia, dunia sudah mengakuinya. Namun, etos kerja sulit diukur tanpa ada pelatihan (on job training), untuk itu dengan sumbangan material ini, diharapkan praktik bisa dilakukan lebih baik lagi, demi masa depan SDM nasional,” ujar Davy.

Sepanjang bulan Januari-Maret 2016 ini, Suzuki telah mempersembahkan 149 Material dana kepada 36 sekolah dan universitas yang tersebar di area SeJabodetabek, Jawa Barat, Bali, Lombok, Jawa Timur, Jawa Tengah dan YogYakarta. Dan di akhir bulan April, Suzuki akan memberikan material donasi kepada beberapa sekolah yang berada di Kalimantan.