Empat puluh tahun lalu, perusahaan pembuat software terbesar di dunia sekarang ini tak lebih dari sekadar sebuah perusahaan rintisan, didirikan oleh 2 orang yang bahkan tidak menyelesaikan kuliahnya. Mereka adalah Bill Gates dan Paul Allen.

Hari ini, perusahaan tersebut, Microsoft, telah memiliki lebih dari 125.000 karyawan dan produk utama miliknya digunakan di hampir 90 persen komputer di dunia. Microsoft juga merupakan perusahaan ketiga dengan nilai tertinggi di dunia setelah perusahaan raksasa minyak Exxon Mobil dan saingan mereka, Apple.

Pada hari ini, Sabtu (04/04/2015), Microsoft merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Dan Gates – yang telah menjadi CEO selama 25 tahun sebelum akhirnya mengundurkan diri di tahun 2000 – memberikan sebuah nasihat pada para karyawan Microsoft untuk memanfaatkan tahun-tahun berikutnya. “Buatlah agar teknologi dapat digunakan oleh semua orang, menghubungkan masyarakat dengan satu sama lain dan buat agar penggunaan komputer pribadi ada di seluruh dunia.”

Pada email yang Gates kirimkan kepada semua pekerja Microsoft pada hari Jumat lalu, Gates menekankan komitmennya untuk mewujudkan visi yang dia buat 40 tahun lalu di mana software dapat memudahkan segala aktivitas manusia. Dalam surat tersebut, Gates juga meminta agar para karyawan Microsoft tidak lupa bahwa Microsoft dapat merubah hidup banyak orang. “Hal yang paling penting sekarang adalah apa yang akan kita lakukan di masa depan,”tulis Gates dalam suratnya.

Gates, yang meski telah mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft tapi terus menjadi penasihat untuk CEO Satya Nadella, kini fokus pada usaha kemanusiaannya. Dia adalah salah satu pemimpin dalam Bill & Melinda Gates Foundation. Kekayaan pribadinya memastikan dia sebagai orang terkaya di dunia selama 16 tahun. Meski dia sudah menjanjikan bahwa 95 persen kekayaannya akan dia berikan sebagai amal saat dia meninggal nanti. Sejauh ini, Gates telah menyumbangkan USD28 M (Rp 362 T) melalui badan amal miliknya. (cnet)

ABE

Sumber : metrotvnews.com