Harapan untuk menjadi seorang pengusaha atau pebisnis bisa datang kapan saja. Nyatanya, peluang bisnis baru dapat diciptakan dengan mudah ketika kita mampu menemukan ide-ide bisnis yang ada di sekitar kehidupan kita dan mengembangkannya dengan maksimal.

Hal inilah yang dibuktikan oleh Indah Purwati, yang kini sukses menggeluti bisnis mutiara lombok. Wanita yang sebelumnya berprofesi sebagai banker ini tak menyangka bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan omzet ratusan juta rupiah.

Bisnis mutiara lombok ini sudah ditekuni indah selama sejak 4 tahun yang lalu. Indah mengaku mulai berpikiran untuk menekuni usaha ini semenjak suaminya bekerja di Lombok pada enam 6 tahun yang lalu. Ia pun mencoba menjadi seorang reseller mutiara lombok yang saat ini tengah digandrungi banyak orang.

“Mulanya saya Cuma jadi reseller toko saja. Saya mempromosikannya lewat facebook. Namun karena semakin banyak permintaan yang berdatangan, jadi keuntungannya bisa dijadikan modal. Kemudian saya mulai mengembangkan bisnis mutiara lombok ini dengan desain sendiri. Sekarang saya sudah punya toko sendiri dan sering mengkuti sejumlah pameran,” tutur Indah.

Dalam bisnis yang dirintisnya, Indah mengemas perhiasan mutiara lombok dalam bentuk gelang, bros, cincin, anting, dan juga gelang. Untuk harga mutiara lomboknya sendiri dibanderol mulai dari harga Rp 200 ribu sampai puluhan juta rupiah.

mutiara-lombok

Kini, Indah menamai bisnis mutiara lomboknya itu dengan merek Indah Mutiara Lombok (IML) dengan mempekerjakan 5 karyawan untuk membantunya dalam menjalankan usaha ini. Selain itu, Indah juga mempekerjakan lebih dari 10 orang tukang emas dan perak.

Indah mengatakan bahwa mutiara lombok yang ia gunakan dalam bisnisnya itu diperolehnya dari seorang nelayan yang terbiasa mencari mutiara Lombok di sejumlah spot tertentu di laut Lombok. “Setelah para nelayan mendapatkan mutiaranya, mereka mengantarkannya ke sejumlah toko. Karena merek hanya hanya bisa mencari mutiara saja, jadi kita yang mendesainnya sehingga jadi produk mutiara yang cantik untuk dikenakan,” ujar Indah.

Saat ini, Indah mengaku jika pemasaran dari bisnis mutiara Lombok miliknya itu telah tersebar ke benua Australia, Asia, bahkan Eropa. Indah pun sudah menyelenggarakan pameran di luar negeri beberapa kali, seperti di Singapore International Jewelry Expo yang didalamnya turut berpartisipasi 300 peserta dari seluruh dunia.

“Waktu itu saya pernah ikut ajang Singapore International Jewelry Expo dan kebetulan pada saat itu hanya saya sendiri pebisnis mutiara lombok dari Indonesia. Dari Indonesia, anda juga beberapa UKM yang mengikuti ajang tersebut,” pungkasnya.

Agar bisnis mutiara Lomboknya semakin berkembang, kini Indah aktif pameran dan di pasar online. Melalui cara tersebut, pesanan yang datang semakin banyak. Bahkan negara Singapura dan Thailand tertarik dengan mutiara Lombok yang dibuatnya.

Meski bisnis mutiara Lombok miliknya sudah mencapai di posisi yang sukses, Indah mengaku sempat mengalami kegagalan demi kegagalan. Meski demikian, hal tersebut tak menjadikan untuk patah semangat dan alhasil apa yang ia lakukan membuahkan hasil yang manis dan mengejutkan.

Awal keberhasilan ini saya dapatkan ketika lolos sebagai finalis dalam kompetisi wirausaha yang diselenggarakan oleh salah satu perbankan nasional. “Di tahun 2012 lalu, saya pernah mengikuti kompetisi wirausaha, tapi gagal. Kemudian setahun berikutnya saya mencobanya kembali dan lolos sebagai finalis nasional. Mereka Indah Mutiara Lombok terpilih sebagai brand ambassador bank tersebut untuk wirausaha muda mandiri,” bebernya.