Generasi terbaru superbike Yamaha, YZF-R1 2015, menerima penghargaan dari kompetisi bergensi Red Dot Design Award 2016. Produk Yamaha tersebut menjadi menjadi pemenang dalam kategori “The Famous Red Dot Award for Product Design”.

Penghargaan ini beruntun-runtun diterima oleh Yamaha R1 2015, setelah menyabit gelar pada Good Design Award 2015 dan iF Design Award 2016. Dengan demikian, ini menadakan kalau R1 memberikan momen terpenting pada keluarga Iwata (kantor pusat Yamaha Motor di Jepang) ini.

Tapinya, yang paling diharapkan untuk menerima penghargaan ini yaitu versi edisi spesialnya, R1M. Di mana bukan hanya desain modelnya yang bagus, tetapi juga teknologi mesin yang luar biasa.

Namun tetap saja, melihat penghargaan yang diterima R1, cukup membuatnya mendapat pernyataan, akan kecakapan Yamaha dalam memproduksi sepeda motor. Red Dot Design Award sendiri, merupakan penghargaan bergengsi tingkat dunia terkait dengan desain, yang diadakan oleh Design Zentrum Jerman.

Yamaha YZF-R1 ini mengadopsi mesin 998cc dengan tenaga puncak 200 PS atau 198 tk. Di Indonesia, produk ini diperkenalkan pada akhir bulan Agustus 2015, dalam kompetisi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Harga produk ini dilelang Rp 495 juta untuk R1, sementara edisi spesialnya R1M Rp 645 juta. Produk ini hanya dibuatkan 500 unit yang disebar ke seluruh dunia, dan Yamaha Indonesia kebagian jatah 5 unit R1 dan 5 unit R1M. Saat ini, unitnya sudah habis dijual.