Dalam penghelatan perilisan Xiaomi Mi Note 2 yang diselenggarakan di China, pabrikan ponsel asal ‘Negara Tirai Bambu’ itu mempublikasikan ponsel keluaran terbarunya yang mengusung desain serta konsep yang futuristik. Smartphone tersebut dinamainya dengan Xiaomi Mi Mix.

Harga Xiaomi Mi Mix yang tergolong mahal, yakni di kisaran Rp 6 jutaan menjadikan smartphone ini dibenami oleh beragam fitur canggih yang mumpuni dan berteknologi, sehingga mampu bersaing dengan para rivalnya.

Smartphone Xiaomi ini dirancang dengan layar sentuh berdimensi 6.4 inci yang mempunyai resolusi sebesar 1080 x 2040 pixels dan menghasilkan kerapatan layar hingga 362 ppi. Dengan berbekal layar tersebut, menjadikan tampilannya semakin jernih dan juga tajam sehingga akan menjamin kepuasan para penggunanya untuk menikmati konten multimedia maupun bermain game.

Smartphone yang bodinya dibalut dengan lapisan metal ini dirancang dengan ketebalan sebesar 7.9 mm serta bobot mencapai 209 gram. Di setiap sisinya, perangkat ini juga dilapisi dengan material keramik yang membalut bagian frame, back cover, serta seluruh tombol yang dimilikinya.

Mengusung sistem operasi Android Marshmallow 6.0, Xiaomi Mi Mix disenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 dan processor Quad-core (2×2.35 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo). Dengan mengusung chipset tersebut, menjadikan ponsel pintar ini mampu menghasilkan kinerja multitasking yang jauh lebih cepat dan juga lancar. Untuk menyempurnakan kinerja yang dihasilkannya, perangkat ini dilengkapi dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 530.

Dalam pemasarannya, Xiaomi Mi Mix hadir dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan kapasitas RAM serta memori internal yang diusungnya. Untuk versi standarnya, perangkat ini dijejali dengan RAM sebesar 4GB serta memori internal berkapasitas 128GB. Untuk versi yang satunya, termuat RAM 6GB dan memori internal yang kapasitasnya sebesar 256GB. Namun sayangnya, perangkat ini tidak dilengkapi dengan slot memori internal untuk memperluas ruang penyimpanannya.

Hebatnya, Xiaomi menjejali smartphone anyarnya ini dengan fingerprint sensor di bagian belakang yang berlapis emas 18 karat. Berkatnya, ponsel pintar ini hadir dengan tampilan yang lebih elegan dan juga mewah.

Di sektor daya suplainya, Xiaomi Mi Mix dibenami dengan baterai yang kapasitasnya mencapai 4.400 mAh yang ditunjang oleh teknologi Qualcomm Fast Charging 3.0 untuk mempercepat proses pengisiannya. Sementara untuk sensor fingerprintnya, Xiaomi membenaminya di bagian belakangnya. Menariknya lagi, perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi piezoelectric ceramic driver yang berfungsi sebagai tempat speaker telephone serta ultrasonic proximity sensor yang disematkan di dalam layarnya.

Di bagian konektivitasnya, ponsel ini disenjatai dengan beragam fitur yang cukup lengkap, salah satunya adalah NFC, sehingga mempermudah para penggunanya untuk melakukan pembayaran digital. Tak hanya itu, tersemat pula fitur penunjang lainnya seperti port USB Type-C, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (Dual Band), navigasi GPS, Bluetooth v4.2, serta teknologi 4G LTE untuk menunjang kebutuhan para penggunanya untuk mengakses internetnya.

Beralih ke sektor kameranya, Xiaomi Mi Mix dibenami dengan kamera berkekuatan 16 Megapiksel yang didukung oleh teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang telah tersemat sensor gyro guna meningkatkan kestabilan kemampuannya saat merekam video beresolusi Full HD ataupun 4K.

Tak hanya itu, terbenam juga beragam fitur lainnya seperti fitur Dual Tone LED Flash dan Phase Detection Autofocus guna mendongkrak ketajamannya serta memungkinkan penggunanya untuk mengabadikan momen di kondisi yang kurang pencahayaannya. Sementara untuk kamera depannya, terbenam kamera dengan resolusi 5 Megapiksel yang mumpuni untuk foto selfie maupun video call.