Setelah sukses meluncurkan Huawei P9 dan P9 Plus, pabrikan asal negara China itu kembali merilis smartphone anyarnya dengan mengusung nama Huawei P9 Lite. Spesifikasi yang diusung ponsel ini memang lebih rendah jika dibandingkan dengan pandahulunya. Meski demikian, perangkat ini tetap didukung dengan beragam fitur dan teknologi canggih untuk memberikan kepuasan kepada para penggunanya.

Huawei P9 Lite dirancang dengan layar sentuh berdimensi 5,2 inci yang memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels, yang mampu menghasilkan kerapatan mencapai 424 ppi serta disokong oleh teknologi IPS (In-Plane Switching). Layar pada ponsel ini juga dibalut dengan fitur multi-touch yang mampu meningkatkan responsifitas layarnya.

Salah satu kelebihan yang diunggulkan pada Huawei P9 Lite adalah dibekalinya ponsel ini dengan sensor sidik jari yang mampu memberikan keamanan dan melindungi privacy data milik penggunanya. Tersedia juga port USB Type-C yang mampu mempercepat proses pengisian baterai dan pengiriman datanya.

Di sektor dapur pacunya, Huawei P9 Lite disenjatai dengan chipset HiSilicon Kirin 650 yang dikombinasikan dengan processor Octa Core 64-Bit berkecepatan (Quad Core 2.0 Ghz Cortex-A72, dan Quad Core Cortex-A5). Selain itu, smartphone ini juga mengusung sistem operasi Android Marsmallow untuk meningkatkan perfomanya.

Untuk media penyimpanannya, Huawei P9 Lite dibenami dengan memori internal berkapasitas 16GB dan RAM sebesar 2GB dan 3GB. Menariknya lagi, smartphone ini juga dibekali dengan slot microSD untuk memungkinkan para penggunanya dalam memperbesar ruang penyimpanannya hingga maksimal 128GB.

Mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh, Huawei P9 Lite disenjatai dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel yang disokong oleh fitur LED flash dan autofocus yang akan mempermudah penggunanya untuk menangkap objek di tempat yang kurang pencahayaannya.

Untuk kemampuan merekamnya, smartphone Huawei P9 Lite mampu merekam video beresolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang didukung oleh beragamm fitur menarik seperti touch focus, panorama, Geo-tagging, face/smile detection, dan juga HDR.

Sementara untuk di bagian depannya, Huawei Smartphone ini dibenami kamera berkekuatan 8 megapiksel yang akan memanjakan para penggunanya saat foto selfie maupun video call. Dengan kamera tersebut, tentunya Huawei P9 Lite akan mampu memikat minat para konsumennya yang menantikan sebuah smartphone canggih dengan kemampuan foto terbaik. Terlebih lagi gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera ponsel ini memiliki tampilan yang jernih dan juga tajam.

Bagi sebagian besar orang, Harga Huawei P9 Lite ini memang tidak bisa dibilang murah. Akan tetapi ponsel pintar ini menawarkan beragam fitur dan spesifikasi yang sebanding dengan banderolnya. Sebab, ponsel ini telah disenjatai teknologi 4G LTE yang akan memanjakan para penggunanya untuk mengakses internet dengan super cepat dan dapat dipakai untuk memenuhi semua kebutuhan seperti bloging, streaming, bermain game online, sampai browsing. Tak hanya itu, tersedia juga fitur Bluetooth v4.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n dual-band, dan navigasi GPS yang disokong oleh teknologi (A-GPS dan GLONASS).

Dalam perilisannya, Huawei P9 Lite hadir dalam dua varian warna, yakni Silver dan Gold. Tapi sayang, belum ada informasi resmi terkait harga dan negara mana saja yang sudah menjual smartphone ini. Apabila nantinya dipasarkan di Indonesia, dapat diperkirakan ponsel ini dibanderol dengan harga dibawah Rp 3 jutaan.