Sony Xperia XZ hadir sebagai smartphone berkualitas yang mengusung spesifikasi dan beragam fitur mumpuni. Ponsel cerdas yang satu ini memiliki salah satu keunggulan yang diandalkan untuk mampu bersaing di tengah sengitnya persaingan, yakni di sektor kameranya yang mampu menghasilkan foto dan video yang jernih dan tajam.

Perangkat ini dirancang dengan layar sentuh berukuran 5.2 inci yang dibalut dengan lapisan Corning Gorilla Glass dan disertai dengan resolusi layar Full HD 1080 x 1920 pixels. Berkat kemampuan tersebut, smartphone ini mampu menghasilkan tampilan yang begitu jernih dan sempurna. Menariknya, Sony membenami smartphone android terbarunya dengan teknologi X-Reality Engine serta Trilunios display yang mampu memaksimalkan kejernihan layarnya.

Sony Xperia XZ dirancang dengan bodi bermaterial full metal yang mempunyai 3 pilihan warna, yakni Deep Pink, Patinum, Forest Blue, dan juga Mineral Black. Selain itu, ponsel ini juga didesain dengan bagian samping yang berbentuk melengkung, sehingga mempermudah para penggunanya untuk menggenggamnya.

Di sisi sampingnya, Sony Xperia XZ dibenami dengan tombol power yang terkonsolidasi dengan fitur fingerprint sensor dan tersedia pula konektor USB Type-C. Menariknya lagi, smartphone ini memiliki kemampuan untuk bertahan akan debu dan air.

Sony Xperia XZ dirancang dengan bodi berbalut full metal yang mengusung dimensi panjang 146 mm, tebal 8.1 mm, lebar 72 mm, dan berat mencapai 161 gram. Walaupun tergolong cukup berat, tapinya pengguna tetap merasakan kenyamanan ketika mengoperasikannya.

Beralih ke sektor dapur pacunya, Sony Xperia XZ disenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 yang dimaksimalkan dengan penggunaan RAM berkapasitas 3GB. Tidak hanya itu, smartphone ini juga ditenagai dengan processor Quad Core generasi terbaru yang mampu diandalkan untuk meningkatkan performanya saat memainkan game maupun menjalankan beragam aplikasi secara multitasking.

Tak hanya itu, Sony Xperia XZ juga disempurnakan dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 530 yang siap menjamin kepuasan para penggunanya. Terbenam pula sistem operasi Android Marshmallow yang mampu mengoptimalkan sistem serta efisiensi daya baterainya.

Di sektor penyimpanannya, smartphone ini dibenami dengan memori internal berkapasitas 32GB dan 64GB. Masing-masing dari dua pilihan perangkat tersebut dibekali dengan slot microSD yang mampu memperluas ruang penyimpanannya hingga mencapai 64GB. Dengan perbedaan kapasitas tersebut, menjadikan kedua varian perangkat tersebut juga memiliki harga yang berbeda.

Untuk bagian daya suplainya, smartphone ini disenjatai dengan baterai yang kapasitasnya mencapai 2.900 mAh. Berkat penggunaan baterai tersebut, ponsel ini mempunyai waktu berbicara hingga 17 jam 30 menit dalam kondisi jaringan 3G, sedangkan dalam waktu standby perangkat ini mampu bertahan sampai 610 jam. Sony juga membekalinya dengan fitur Fast Charging dan teknologi Qualcomm Charge 3.0 yang mampu mempercepat proses pengisian daya baterainya.

Di sektor fotografinya, Sony Xperia XZ mengunggulkan kamera belakang berkekuatan 23 Megapixel yang didukung dengan teknologi sensor Sony Exmor RS yang memiliki lebar aperture f/2.0 dan lensa berdimensi ½.3 inci. Tak hanya itu, kamera yang dimiliki smartphone ini juga dibenami dengan teknologi Predictive Hybrid Autofocus, yang mengkolaborasikan sistem laser autofocus serta phase detection autofocus, sehingga mampu menghasilkan gambar yang jernih meski mengabadikan momen di malam hari.

Hebatnya lagi, smartphone ini juga disenjatai dengan Image Processing, yakni The BIONZ yang mampu menangkap gambar dengan sempurna. Harga Sony Xperia XZ yang dibanderol cukup mahal ini juga setara dengan kemampuan kameranya yang berkualitas. Selain mampu menangkap gambar yang jernih, kamera tersebut juga mampu merekam video beresolusi 4K.

Sementara untuk kamera depannya, terbenam kamera berkekuatan 13 Megapixels yang ditunjang dengan sensor Sony Exmor RS berdimensi 1/3.06 serta lensa Wide Angle 22 mm yang dapat diandalkan untuk foto selfie dan video call dengan hasil yang memuaskan.