Sony kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang dibekali dengan layar berukuran 4.6 inci dengan mengusung nama Sony Xperia X Compact. Dengan bodinya yang kecil, membuat para penggunanya nyaman saat menggenggam dan mengoperasikannya.

Smartphone ini dibalut dengan material berbahan plastik dan hadir dalam 3 pilihan warna, yakni biru, hitam, dan juga putih. Selain itu, perangkat ini juga hadir dengan bodi berukuran panjang 129 mm, tebal 9.5 mm, lebar 65 mm, dan bobot mencapai 135 gram.

Meskipun punya bodi yang cukup tebal, Sony Xperia X Compact ini tetap terasa ringan ketika digenggam, sehingga begitu cocok untuk anda yang suka chatting atau mengetik hanya dengan satu tangan saja. Sedangkan untuk layarnya sendiri, perangkat ini didukung oleh layar berpanel IPS (In-Plane Switching) yang memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixel dengan kerapatan layarnya yang mencapai 319 pixel per inci. Tak hanya itu, terdapat pula lapisan antigores yang menggunakan Corning Gorilla Glass.

Lebih dari itu, Sony Xperia X Compact juga disenjatai dengan teknologi Triluminos display dan X-Reality Engine yang mampu memaksimalkan tampilan layar ponsel ini semakin tajam dan jernih saat dioperasikan untuk memutar video yang resolusinya tinggi.

Sony Xperia X Compact ini juga mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk memutar video beresolusi 4K berkat dibenaminya chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 yang dikolaborasikan dengan processor enam inti (Hexa Core) yang terdiri dari Quad Core 1.4 Ghz Cortex-A53 dan Dual Core 1.8 Ghz Cortex-A72.

Hebatnya lagi, tersedia juga pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 510 yang menjadikan performa smartphone ini semakin mumpuni dan berkualitas. Hal inilah yang menjadikan harga Sony Xperia X Compact dipasarkan dengan banderol yang cukup mahal, lantaran performanya membuat anda tidak menyesal sudah membeli smartphone ini dengan harganya yang cukup mahal.

Di sektor penyimpanannya, Sony Xperia X Compact disenjatai dengan RAM berkapasitas 3GB dan memori internal sebesar 32GB. Untuk mempermudah para penggunanya dalam memperluas ruang penyimpanannya, smartphone ini juga dibekali dengan slot microSD dengan kapasitas maksimum 256GB.

Mengusung sistem operasi Android Marshmallow, Sony Xperia X Compact dibenami dengan baterai berkapasitas 2.700 mAh yang didukung oleh fitur Fast Charging dengan mengusung teknologi Quick Charge 3.0 Qualcomm sehingga mempercepat proses pengisian baterainya.

Untuk memenuhi kebutuhan fotografinya, Sony Xperia X Compact dibekali dengan kamera utama berkekuatan 23 Megapiksel yang didukung oleh sensor Sony Exmor RS dan Aperture berdimensi f/2.0. Berkatnya, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Tidak hanya itu, Sony juga membekalinya dengan fitur Phase Detection Autofokus sehingga mampu mempertajam hasil foto dan videonya.

Hanya dibutuhkan waktu 0.6 detik saja untuk membuka aplikasi kameranya, anda sudah bisa langsung membidik gambar dengan hasil autofocus yang sangat baik. Tapi sayang, kamera tersebut belum mampu merekam video 4K dan hanya mampu menghasilkan video beresolusi Full HD [email protected]

Lebih dari itu, smartphone ini juga disenjatai dengan fitur SteadyShot dengan 5-Axis Stabilization yang bermanfaat untuk menstabilkan hasil rekaman videonya. Sementara untuk di sisi depannya, smartphone ini mengusung kamera berkekuatan 5 megapiksel yang dilengkapi dengan aperture f/2.0 dan sensor Sony Exmor RS berdimensi 1/2.3 inci.

Ponsel pintar ini telah dipasarkan di Inggris dengan harga yang cukup fantastis. Harga Sony Xperia X Compact ini dibanderol sebesar £359.99 atau sekitar Rp 6.2 jutaan. Memang, harga smartphone Sony terbaru ini membidik pasar di kalangan menengah keatas.