Berita soal konsol game PlayStation 4 (PS4) dengan spesifikasi yang lebih berenergi kini kembali merebak. Dan pada kali ini, tertebar informasi tentang Sony yang akan meluncurkan penerus PS4 pada akhir tahun ini.

Walau belum diketahui pada bulan kapan pastinya, Sony dikabarkan akan mempersembahkan PS4 versi baru pada akhir tahun ini, sebelum diluncurkannya headset virtual reality (vr) PlayStation VR pada bulan Oktober mendatang. Berita yang menyinggung waktu peluncuran PS4 versi baru, yang banyak disebut-sebut juga sebagai PS4.5.

Pada hari Rabu kemarin, PS4 baru ini dinyatakan telah mensuport gratis sampai 4K. Dan ia juga memiliki tenaga extra untuk menjalankan mesin dan game PlayStation VR. PS4 baru tersebut dikabarkan akan hadir dengan prosesor dan GPU yang lebih baru dari pada versi yang ada saat ini.

Hadirnya pada konsol versi upgrade ini sendiri sesungguhnya enggak terlalu umum. Biasanya, pengembang ini membutuhkan waktu setidaknya 5 sampai 8 tahun lamanya untuk meluncurkan konsol baru. Akan tetapi, dengan semakin banyaknya teknologi VR, mau tidak mau para pengembang juga memikirkan sebuah mesin baru yang bisa mendukung teknologi tersebut.

Selain Sony, Microsoft juga diberitakan tengah menggodok rencana peluncuran Xbox One dengan versi yang akan lebih bertenaga. Biarpun begitu, baik Sony dan Microsoft masih belum mau berkomentar terhadap isu tersebut.