yandex
Kesehatan

Sejuta Manfaat Tomat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Manfaat buah tomat untuk kesehatan memang sudah banyak dipahami oleh sebagian besar masyarakat. Selain punya rasa yang menyegarkan, buah tomat juga mengandung beragam vitamin dan nutrisi yang krusial untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, dan lycopene.

Untuk itu, tak ada salahnya jika anda mengasup buah tomat secara rutin karena pada dasarnya buah ini memang sangat bersahabat bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Mencegah kanker

Salah satu manfaat tomat adalah mencegah kanker. Tomat mengandung senyawa lycopene dan antioksidan yang mampu memberantas sel-sel kanker di dalam tubuh. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa mengasup tomat sangat efektif untuk melindungi tubuh dari serangan kanker prostat, kanker lambung, kanker esophagus, kanker mulut, kanker serviks, dan kanker payudara.

2. Menyehatkan sistem saraf dan darah

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin A, zat besi, dan kalium. Kalium merupakan senyawa yang mampu menjaga kesehatan saraf sedangkan zat besi berperan krusial untuk memelihara kesehatan darah normal. Tak hanya itu, kandungan vitamin K yang dimilikinya pun sangat penting untuk pembekuan darah dan mengontrol terjadinya pendarahan di dalam tubuh.

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat tomat yang perlu diketahui adalah menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, mengasup tomat secara rutin mampu mencegah seseorang mengalami diare, sembelit, penyakit kuning, dan efektif memberantas racun di dalam tubuh. Tomat mengandung serat yang tinggi sehingga mampu merangsang gerakan peristaltik, melepaskan cairan lambung dan juga pencernaan. Hal ini juga dapat mengatur pergerakan usus di dalam tubuh sehingga mendongkrak kesehatan sistem cerna anda secara menyeluruh dan mencegah anda terhindar dari kanker kolorektal.

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Mengasup buah tomat juga sangat krusial untuk menghindari seseorang dari resiko infeksi saluran kemih dan kanker kandung kemih. Pasalnya, tomat mengandung kadar air yang tinggi sehingga mampu merangsang untuk buang air kecil. Hal ini juga membantu tubuh untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh, dan mencegah tubuh kelebihan garam, lemak, air, dan asam urat.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat tomat untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan kalium. Kalium merupakan senyawa yang berperan sebagai vasodilator, yakni mengurangi ketegangan pada arteri serta pembuluh darah. Hal ini lantas akan mendongkrak sistem sirkulasi darah serta menurunkan stres pada jantung dengan menurunkan tekanan darah yang tinggi.

6. Mencegah diabetes secara alami

Mengasup tomat secara rutin juga mampu menghindari anda dari risiko diabetes. Pasalnya, buah tomat mempunyai kandungan senyawa kromium yang berperan penting untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Dengan demikian, kadar gula darah anda pun akan stabil dan resiko untuk mengidap diabetes pun sangat minim.

7. Memelihara kesehatan mata

Manfaat tomat yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang telah kita ketahui, buah tomat mengandung vitamin yang tinggi. Sejatinya, mata manusia membutuhkan vitamin A untuk mengkonversikan sinyal molekul yang didapat oleh retina untuk diubah dalam bentuk gambar. Kurang asupan vitamin A akan memicu gangguan mata, seperti katarak dan rabun.

8. Menyehatkan jantung

Selain kaya akan kandungan vitamin A, buah tomat juga mengandung kalium, kolin, serat, dan vitamin C yang tinggi. Sejumlah nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan jantung. Untuk itu, mengasup tomat secara rutin sangat dianjurkan untuk menyehatkan jantung anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button