Kiwi merupakan salah jenis buah yang nyatanya menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan. Meskipun buah cantik yang berwarna ini terlihat kecil, namun kandungan yang dimiliki didalamnya justru mampu menyaingi jenis buah yang sudah terkenal seperti, jeruk dan apel.

Seorang dokter dari University of Otago bernama Dr. Richard Gearry mengungkapkan bahwa memakan dua buah kiwi setiap harinya mampu menghalau sakit asam lambung, konstipasi, sakit perut dan kesulitas dan mencerna makanan.

Senada dengan pernyataan tersebut, sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Anita Carr dan rekan-rekannya pun telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi dua buah kiwi berwarna hijau setiap harinya akan mampu menambah kadar vitamin C di dalam tubuh secara maksimal, meringankan depresi, rasa lelah, dan suasana hari yang tidak baik.

Dr. Fiastuti Witjaksono, Msc.MS. Sp.GK, selaku Kepala Departemen Gizi RSCM sangat menyayangkan masyarakat Indonesia kurang menyadari betapa pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. “Sesuai data yang ada, faktanya tingkat konsumsi sayur dan buah di Indonesia adalah yang paling kecil se-Asia. Sangat disayangkan,” ungkapnya.

Dalam fakta yang bersumber dari Litbang Departemen Pertanian tahun 2011 itu, menyatakan bahwa tingkat konsumsi sayur dan buah terbesar berasal dari negara China dengan jumlah 250 kilogram per kapita setiap tahunnya.

Bersumber pada data NZ Foodfiles pada tahun 2014, nutrisi yang terkandung di dalam buah kiwi jauh lebih besar jika disandingkan dengan jenis buah lainnya. Untuk itu, dianjurkan agar setiap kita mengkonsumsi buah kiwi berwarna hijau setiap harinya sebanyak 2 buah.

Memakan kiwi paling tidak 2 buah tiap harinya juga akan memperlancar buang air besar , sehingga meminimalisir risiko kanker usus, sakit perut, dan kembung. Tak hanya itu, kiwi juga punya kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih besar dari yang dimiliki jeruk yang selama ini dikenal sebagai buah sumber vitamin C.