yandex
Kesehatan

Sejuta Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah alpukat tidak hanya dapat dirasakn oleh ibu hamil saja, melainkan juga untuk kesehatan mata, wajah, rambut, dan lain sebagainya.

Jenis buah yang satu ini miliki tekstur yang lembut, sehingga tak heran jika alpukat menjadi buah yang banyak disukai banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dibawah ini akan dibahas terkait 9 manfaat alpukat untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Salah satu manfaat buah alpukat bagi kesehatan adalah menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Jenis buah yang satu ini miliki beragam senyawa penting yang juga mampu meluputkan sel kanker yang baru muncul di dalam tubuh. Bahkan, tidak ada lagi efek buruk pada sel-sel kesehatan lainnya yang aktif.

2. Memelihara kesehatan mata

Di dalamnya, buah alpukat menyimpan kandungan lutein yang tinggi apabila dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Khasiat buah alpukat dengan kandungan ini mampu memelihara serta menjaga kesehatan mata. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa tingginya kandungan lutein yang dimiliki jenis buah yang satu ini mampu memperkecil resiko kelainan pada mata, utamanya adalah makula dan degenerasi katarak.

3. Mengatasi sariawan

Manfaat buah alpukat lainnya yang dapat kita peroleh adalah meluputkan masalah sariawan pada mulut. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu mengambil daging buah alpukat dan mencampurkannya dengan 2 sdm madu murni. Setelah itu, aduk sampai merata sebelum dikonsumsi.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Buah alpukat juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Perlu anda ketahui, tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh dapat meningkatkan resiko beragam penyakit yang membahayakan. Dengan manfaat buah alpukat yang mampu menurunkan kolesterol ini, maka resiko penyakit berbahaya bisa dicegah.

buah-alpukat

5. Mengatasi Peradangan

Manfaat buah alpukat lainnya adalah mampu meluputkan masalah peradangan. Caranya pun mudah, anda hanya perlu mengeringkan biji buah alpukat dan tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan dengan air secukupnya sampai membentuk bubur. Setelah teksturnya menjadi lembut, balutkan adonan tersebut pada bagian tubuh yang mengalami peradangan.

6. Mengobati diabetes

Mengasup buah alpukat juga sangat dianjurkan bagi anda para penderita diabetes. Caranya, panggang biji alpukat, lalu potong kecil-kecil. Setelahnya, rebus potongan biji alpukat tersebut sampai airnya berwarna cokelat. Kemudian saring dan dinginkan rebusan tersebut, lalu minum dengan teratur.

7. Melembabkan kulit

Selain untuk kesehatan, manfaat buah alpukat juga dapat dirasakan untuk kecantikan kulit, yakni membersihkan dan melembabkan kulit. Jenis buah yang satu ini miliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga mampu meluputkan sel-sel kulit mati di dalam tubuh. Karena itu, tak heran jika buah ini banyak dijadikan sebagai campuran untuk kosmetik dan sabun.

8. Mencegah kulit kering pada wajah

Selain mampu melembabkan kulit, manfaat buah alpukat lainnya untuk kecantikan kulit adalah mencegah kulit kering. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu memanfaatkannya sebagai masker wajah alami. Setelah membalutkannya secara merata pada wajah, diamkan hingga 2 jam, kemudian bilas menggunakan air dingin.

9. Menjadikan rambut lebih berkilau

Manfaat buah alpukat juga dapat dirasakan untuk menjadikan rambut lebih berkilau. Untuk penggunaannya sendiri, anda perlu menghaluskan alpukat matang dan campurkan dengan minyak rosemary, yoghurt, dan 1 butir telur. Setelah tercampur secara merata, balutkan pada rambut anda dan diamkan hingga 30 menit. Bilas sampai bersih dengan menggunakan shampo.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button