IHS Automotive menbukukan Ford berhasil menjual lebih dari 140.000 unit mobil sport Mustang pada 2015. Atas perolehan ini, Ford Mustang menjadi satu-satunya mobil dua pintu, coupe sport di dunia dengan penjualan lebih dari 100.000 unit.

Kendatipun 2015 adalah tahun pertama Ford Mustang dijualkan secara global, mereka tetap mengunggulkan penjualan di Amerika Serikat (AS) di atas Chevrolet Camaro dan Dodge Challenger. Mustang mencetak penjualan 12.563 unit, sementara dua coupe sport lainnya total jikalau digabungkan hanya 12.248 unit.

“Perkembangan permintaan Mustang di Amerika Serikat datang dari pasar di wilayah pesisir – terutama Southern California – dan di era milenium mesin EcoBoost 2.3-liter, pembeli di negara lain lebih memilih V-8,” ujar analis penjualan Ford Erich Merkle, pada hari Minggu kemarin.
Baru-baru ini pihak Pemerintah dari Jerman telah mengutarakan bahwa, beberapa merek mobil seperti Volkswagen (VW), Opel, Audi, Mercedes, dan Porsche harus melakukan recall terhadap unit mobil yang telah dibekali oleh mesin diesel. Hal ini juga dilakukan guna untuk memperbaiki tiap masalah terhadap perangkat lunak agar dapat menghasilkan emisi yang lebih baik.

Catatan dari Worldcarfans, pada hari Senin kemarin, seusai terungkapnya kecurangan dengan manipulasi tes emisi model VAG Dieselgate di akhir tahun lalu. Dalam hal ini Pemerintah Jerman akan terus melakukan serangkain tes tehadap mobil yang bermesin diesel. Hal ini juga tidak hanya dilakukan pada merek VW, tetapi juga terhadap beberapa merek-merek lainnya.

Segala deretan pada pengujian yang telah dilakukan, sesungguhnya adalah sebagai bentuk tindak lanjutnya dari kasus-kasus tersebut, tapinya juga ditemukan saat menjalani tes di Eropa. Dimana beberapa produsen mobil kedapatan telah melanggar sebuah aturan hukum untuk mengurangi emisi dalam keadaan-keadaan tertentu.

Pengaruh untuk transportasi motor Jerman (KBA) mengungkapkan bahwa sekarang, seenggaknya akan ada sekitar 630.000 unit untuk mobil yang bermesim diesel yang dimiliki oleh VW, yaitu Opel, Audi, Mercedes, dan Porsche yang akan terkena sebuah recall. Dan untuk semua kendaraan yang terkena recall memiliki masalah pada pengaturan emisi perangkat lunak pada mesin diesel yang telah dimodifikasi agar lebih rendah pada polusinya.

Sejak musim panas lalu, lebih dari 16.600 unit orderan Ford Mustang diraih di Eropa. Khusus di Jerman, convertible Mustang memiliki tingkat kenaikan tertinggi. Sementara pasar seperti China dan Inggris dengan ketersediaan terbatas, berhasil membantu Ford Mustang mencapai papan atas penjualan dengan total 141.868 unit kendaraan secara global.

“Konsumen di luar AS telah menikmati supercar asing selama beberapa sepuluh tahun, jadi sudah waktunya bagi Amerika untuk membalas budi dengan perilisan Mustang baru di seluruh dunia,” imbuh Merkle.

“Pasar global telah menanggapi dengan cara yang besar. Ford Mustang ialah satu-satunya coupe sport di dunia dengan lebih dari 100.000 unit penjualan pada tahun lalu,” pungkasnya.