Tak hanya memiliki sensasi yang menyegarkan, faktanya mengasup yoghurt juga mampu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Jenis minuman yang satu ini selain mampu memperlancar sistem pencernaan, juga ampuh untuk menyehatkan serta menguatkan tulang dan gigi berkat kandungan kalsium yang dimilikinya.

Bagi anda yang suka mengasup yogurt, tapinya belum mengetahui apa saja manfaat yoghurt yang bisa didapat apabila mengkonsumsinya secara rutin, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Meratakan perut

Salah satu manfaat yoghurt untuk diet adalah mampu meratakan perut. Bahkan, mengasup 18 ons yoghurt setiap harinya mampu mengecilkan lingkar pinggang lho. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Tennessee, Knoxville menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi yoghurt secara rutin bisa kehilangan 81 persen lemak di pertu serta 22 persen berat badan.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Di dalamnya, yoghurt mengandung bakteri baik, yakni probiotik yang ampuh untuk menyehatkan sistem cerna di dalam tubuh serta mampu memberantas mikroorganisme jahat yang dapat memicu infeksi usus. Mengasup yoghurt secara rutin sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki masalah pada sistem perncernaan.

3. Menyehatkan sistem saraf

Manfaat yoghurt untuk kesehatan yang tak kalah penting adalah menyehatkan sistem saraf. Mengasup satu porsi yoghurt secara rutin akan menjadikan sistem saraf bekerja dengan baik berkat kandungan fosfor, yodium, vitamin B5, kalium, yodium, dan seng yang dimilikinya.

4. Memulihkan kondisi tubuh

Didalamnya, Yoghurt mengandung protein dan karbohidrat yang baik diasup selepas anda berolahraga. Keri Gans, RD, seorang pakar gizi di New York City menyebutkan bahwa waktu yang baik untuk mengasup yoghurt adalah 1 jam setelah melakukan latihan. Kandungan protein yang dimiliki yoghurt memasok asam amino yang diperlukan otot untuk proses pemulihan setelah berolahraga.

5. Menyehatkan dan menguatkan tulang

Manfaat yoghurt yang selanjutnya adalah menyehatkan dan menguatkan tulang. Pasalnya, yoghurt kaya akan kandungan kalsium alami yang berperan krusial untuk kesehatan tulang. Sebelum membeli produk yoghurt, ada baiknya anda memperhatikan labelnya. Besarnya kandungan kalsium yang terdapat di dalam yoghurt terpaut pada cara pengolahannya.

6. Mencegah hipertensi

Yoghurt merupakan bahan alami yang baik diasup oleh semua kalangan usia, utamanya mereka yang memasuki usia 30-50 tahun. Pasalnya, mengasup yoghurt secara rutin mampu menghindari anda dari serangan hipertensi. Perlu anda ketahui, delapan ons yoghurt mengandung kurang lebih 600 mg kalium. Kandungan ini mampu membersihkan kadar sodium di dalam tubuh yang memicu terjangkitnya serangan hipertensi.

7. Mencegah flu

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di University of Vienna menyebutkan bahwa mengasup 4 ons yoghurt secara rutin mampu menjadikan tubuh lebih kuat untuk memenjarai serangan virus flu. Menurut studi tersebut, seorang wanita yang mengasup yoghurt setiap harinya mempunyai sel T yang lebih kuat jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya. Sel T merupakan sel kekebalan tubuh yang mampu memberantas beragam jenis infeksi yang berbahaya.

Alexa Meyer, PhD, seorang peneliti bidang nutrisi menuturkan bahwa bakteri sehat yang terkandung di dalam yoghurt mampu memutasi sinyal ke sel-sel sistem imun tubuh serta mendongkrak kemampuan mereka untuk memberantas kuman-kuman yang membahayakan.

Menurutnya, manfaat yoghurt juga bisa didapatkan oleh para penderita alergi yang mempunyai tingkat sel T yang rendah. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dalam Journal of Nutrition, disebutkan bahwa penderita alergi yang mengasup 7 ons yoghurt setiap harinya kemungkinan untuk alerginya kambuh menjadi berkurang apabila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya.