yandex
Kesehatan

Segudang Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Tauge dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang mampu meningkatkan kesuburan, baik untuk pria maupun wanita. Benarkah demikian? Jenis sayuran yang memiliki nama latin Phaseolus aureus ini menyimpan kandungan protein, mineral, asam amino, dan vitamin E yang sangat vital untuk kesuburan pria dan membantu meningkatkan vitalitas kaun pria.

Dr. Boyke, seorang dokter konsultan dan ginekolog seks mengemukakan bahwa tauge kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang miliki peran penting untuk meningkatkan kesuburan pria. Tak hanya itu, kandungan protein yang dimiliki tauge juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam biji-bijian, yakni sebesar 19%.

Manfaat tauge tidak hanya untuk kesuburan pria saja, tapinya juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh, karena jenis sayuran yang satu ini mengandung vitamin C, vitamin B6, vitamin A, vitamin B, vitamin B1, dan vitamin K. Tersimpan pula kandungan magnesium, kalsium, mangan, zat besi, fosfor, kalium, serta asam lemak omega.

Meski demikian, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa manfaat tauge dapat dirasakan jauh lebih besar apabila diasup dalam keadaan mentah. Selain miliki gizi yang lebih besar, jenis sayuran ini juga sangat mudah dicerna lantaran mengandung serat serta enzim yang mampu mendongkrak pergerakan usus.

Selain mudah didapat, tauge juga memiliki harga yang murah. Meski terbilang murah, tapi manfaat tauge untuk kesehatan sangatlah beragam. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur tauge bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Meskipun tauge miliki tampilan yang mungil, tapinya jenis sayuran yang satu ini mengandung beberapa senyawa yang besar manfaatnya bagi kesehatan. Salah satu senyawa penting yang diperlukan tubuh adalah saponin. Senyawa tersebut diklaim mampu mendongkrak sistem imun di dalam tubuh serta menstimulasikan sel limfosit dan interferon di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, tauge juga kaya akan kandungan vitamin C yang krusial untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga badan kita tetap fit dan prima dalam menjalani aktivitas setiap harinya serta mampu mempercepat regenerasi sel.

2. Mendongkrak kandungan vitamin

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin A, dan vitamin C. Kandungan vitamin yang dipunyai kacang-kacangan dan biji-bijian akan mengalami peningkat sampai 20 kali dari angka aslinya. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa peningkatan vitamin B1 di dalam tubuh sekitar 285%, niacin 256%, dan vitamin B2 hingga 515%.

3. Meningkatkan pembentukan otot

Manfaat tauge yang selanjutnya adalah membantu tubuh dalam meningkatkan pembentukan otot di dalam tubuh. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini tinggi akan kandungan protein sehingga sangat krusial untuk meningkatkan masa otot serta membantu tubuh untuk membentuk otot.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Di dalamnya, tauge miliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat direkomendasikan bagi anda yang mengidap sembelit dan sulit buang air besar. Selain sayuran hijau dan buah-buahan, tauge dapat dimasukan dalam menu makan anda setiap harinya.

5. Menurunkan berat badan

Layaknya pada fungsi serat yang dimiliki buah-buahan dan jenis sayuran lainnya, kandungan serat pada tauge juga ampuh untuk menurunkan berat badan. Dengan mengasup makanan yang kaya akan serat, maka akan membantu anda untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, serat juga merupakan satu dari sekian banyaknya nutrisi yang krusial untuk mencegah kolesterol.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button