yandex
Gaya HidupKesehatan

Segudang Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pare dikenal sebagai jenis buah atau sayuran yang miliki rasa pahit. Tak heran jika tidak semua orang menyukai sayuran yang bernama latin momordica charantina ini. Meski rasanya pahit, tapinya pare menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi masalah pada sistem pencernaan.

Perlu kita ketahui, pare merupakan salah satu jenis tanaman merambat, yang buahnya hampir mirip dengan mentimun. Tapinya tanaman ini mempunyai kulit yang keriput dan rasanya pun pahit. Pare sangat mudah dijumpai di beberapa negara, termasuk Indonesia dan memiliki banyak jenis.

Di dalamnya, jenis buah yang satu ini miliki beragam kandungan yang mampu mencegah seseorang terjangkit penyakit, diantaranya senyawa charatin, vicine serta kandungan bioktif lainnya yang berperan vital dalam menunjang kesehatan tubuh. Nah, dibawah ini adalah beberapa manfaat pare untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

1. Melenyapkan sel kanker

Kanker serviks dan kanker payudara merupakan ancaman yang sangat mengerikan bagi setiap wanita, sehingga sangat penting bagi anda untuk mengasup makanan yang mampu menangkal sel kanker tersebut. Pare menjadi salah satu jenis buah yang berkhasiat untuk menangkal sel kanker berkat kandungan zat lesichin yang dimilikinya. Tak hanya mampu melenyapkan sel kanker, pare juga mampu mendongkrak sistem imun di dalam tubuh.

2. Mengatasi diabetes

Manfaat pare untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk meluputkan penyakit diabetes. Di dalamnya, pare mengandung zat bioaktif yang terdapat pada bagian bijinya, sehingga mampu menghambat terjadinya peningkatan gula darah di dalam tubuh setelah makan.

3. Menurunkan berat badan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tapinya pare juga memiliki manfaat untuk anda yang sedang diet. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengasup satu cangkir pare, maka kalori yang didapatkan tubuh anda sebesar 16 kalori, sehingga mampu mengurangi serta mengontrol nafsu makan anda dan menjadikan anda cepat merasa kenyang. Karena itu, anda bisa memasukan pare dalam daftar menu makan anda guna memperolej berat badan yang ideal.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat sayur pare yang paling dikenal sebagian masyarakat adalah melancarkan sistem pencernaan. Di dalamnya, pare mengandung vitamin C, karoten, serat, dan kalium yang tinggi. Mengasup pare memang pahit, namun dibalik rasanya yang pahit itu, buah ini mampu membantu anda untuk memperlancar sistem pencernaan. Untuk itu, anda bisa menambahkan pare ke dalam menu makan anda, khususnya bagi anda yang sering mengalami masalah pencernaan.

5. Mengatasi asma

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan mengasup pare ternyata merespon indera pengecapan dan menjadikan sel saluran pernafasan akan turut bekerja secara aktif, sehingga membuat saluran pernapasan anda menjadi semakin luas serta menjadikan aliran udara yang masuk lebih maksimal. Kondisi ini sangat berperan penting bagi penderita asma.

6. Membersihkan darah

Manfaat pare lainnya yang perlu kita ketahui adalah membersihkan darah di dalam tubuh. Anda bisa mengasupnya dengan diolah menjadi jus, sehingga mampu memberikan hasil yang optimal. Konsumsilah olahan pare ini pada pagi dan malam hari secara rutin, maka mampu membantu tubuh untuk membersihkan darah.

7. Menjaga Kecantikan

Manfaat pare juga dapat dirasakan untuk kecantikan. Pasalnya, jenis buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menjaga serta memelihara kecantikan. Tak hanya itu, dengan mengasup pare, maka ancaman buruk dari paparan sinar ultraviolet bisa dicegah dengan maksimal.

Tidak hanya itu saja, faktanya manfaat pare juga mampu membantu menurunkan demam, mengatasi wasir, penyakit kuning, bisul, bronchitis, dan disentri amuba. Nah, demikian beberapa manfaat pare yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button